Kepsek Rita, Harapkan Kutim Menjadi Tuan Rumah Kemah Budaya Ditingkat Nasional

Kepsek SMPN 03 Sangatta Utara Rita saat memberikan piala dan piagam kepada perwakilan muridnya yang mengikuti kemah budaya di tingkat Kabupaten. (Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR
Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, canangkan lomba kemah budaya melalui kegiatan pramuka.

Dijelaskan oleh Kepala SMPN 03 Kecamatan Sangatta Utara Rr. Rita Nurhayati, M.Pd, bahwa melalui kegiatan kepramukaan sebenarnya secara tidak langsung telah menanamkan pemahaman edukasi akan nilai-nilai cagar budaya alam, kearifan lokal baik tradisi, adat istiadat, kebragaman suku dan agama sebagai cerminan Bhineka Tunggal Ika.

Untuk itu, ia berharap kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Kutim dapat menyukseskan program kemah budaya, agar bisa menjadikan Kutim sebagai tuan rumah ditingkat nasional. Mengapa demikian? Karena Kuyim sendiri kaya akan wisata cagar budaya seperti karst, belum lagi potensi perairannya. Seperti pantai, air terjun, pemandian air panas, hotspot Arung Jeram ditambah dengan kearifan lokal adat istiadat suku dayak maupun Kutai dan keberagaman suku lainnya. “Jika melihat keanekaragaman yang ada, saya rasa untuk Kabupaten Kutai Timur laik menjadi tuan rumah,” tuturnya.

Rita -akrab disapa- juga mengatakan jika program kemah budaya ini turut membantu memberikan refrensi bagi kemajuan sektor wisata Kutim, sehingga mampu menyita perhatian para traveling, pencinta alama, serta anggota kepramukaan luar daerah Kutim termasuk turis lokal dan Mancanegara untuk berkunjung.

Lebih jauh, Disdik Kutim akan mendukung penuh kegiatan postif dikalangan pelajar ini. (aji/ra-sb)

Check Also

Dukung PKN Revolusi Mental 2019, Bank Kalsel Beri Bantuan Calon Debitur KUR Sektor Peternakan

MARTAPURA, SuaraBorneo – Sebagai tuan rumah Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Tahun 2019, berbagai rangkaian …