Mulawarman Peduli : Dandim 1003/Kandangan Bersama Forkopimda HSS Gelar Taushiyah dan Anjangsana Pasien RSUD Brigjen H Hasan Basri 

KANDANGAN – Dandim 1003/Kandangan, Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto SE, bersama rombongan Forkopimda Kabupaten Hulu Sungai Selatan menjenguk Masyarakat Hulu Sungai Selatan yang tengah sakit dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Brigjen H Hasan Basery, Jum’at (8/3/2019).

Dandim dan Bupati serta unsur Forkopimda HSS merasa perlu melakukan kegiatan ini disamping melaksanakan Program Mulawarman Peduli yang merupakan Perintah dari Komando atas , bentuk kepedulian, keprihatinan sesama hamba Allah terpanggil untuk ciptakan dan jalin ukhuwah islamiyah serta mempererat tali Silaturrahmi dengan melakukan Anjangsana kepada pasien yg sedang terbaring sakit sehingga yang sakit akan timbul motivasi utk sembuh dan dengan Tausiyah oleh Penceramah agar keluarga pasien dapat sabar dalam menghadapi ujian dengan di beri sakit oleh Allah SWT.

Kehadiran Forkopimda Kabupaten Hulu Sungai Selatan bersama rombongan untuk mengukuhkan jalinan kekeluargaan, harmonisasi kebersamaan dan sekaligus memberi semangat dan bentuk simpati sesama hamba Allah. Dandim bersama rombongan mendoakan semoga, sembuh dan bisa beraktivitas seperti sediakala serta bisa berkumpul kembali dengan keluarga.

Setibanya di rumah sakit, Dandim Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto SE bersama rombongan melaksanakan Tausiyah yang di sampaikan Ketua MUI Kab HSS Tuan Guru KH Muhammad Ridwan Basri mengatakan, “Dunia ini adalah negeri tempat/Alam impian karena itu ada yg sukses dan ada yg gagal, Sedangkan untuk alam diakhirat negerinya ada terbagi. Pertama Negeri (alam) Nikmat yaitu alam surga tempat orang-orang yang lulus ujian ketiga di alam dunia, dia pandai bersukur kepada Allah dan sabar apabila mendapat musibah termasuk diberi sakit oleh Allah SWT, yang kedua Negeri siksa (alam) akhirat yaitu Neraka tempat orang orang yang semasa di alam Dunia gagal dalam menghadapi ujian yaitu orang orang Kufur Ni’mat atau tdk bersyukur kepada Allah SWT terhadap nikmat yang telah diberikan semasa dalam dunia, Dalam kehidupan dunia, jadi istilah sakit maupun enak (nyaman) itu semua akan bisa jadi pahala dan bisa juga akan menambah dosa .

Seperti apabila kita sakit selalu sabar maka itu akan menjadi pahala, dan jika diberi kesehatan maupun menerima kenikmatan didunia dia lupa bersukur, melakukan hal yg di larang Allah SWT maka itu akan menambah dosa, Orang yang sabar dalam menerima kemiskinan itu lebih baik dari pada orang yang mendapat kekayaan kekayaan namun lupa bersyukur atau Kufur Nikmat, Jadi yg sebenarnya hidup kita ini adalah ujian baik yg sakit maupun yg sehat mudahan kita akan lulus dalam menerima ujian ini sehingga diakhirat kita akan mendapatkan surga yaitu Negeri akhirat yang merupakan alam ni’mat.

Adapun Sambutan Dandim 1003/Kandangan menyampaikan antara lain Menyampaikan hormat kepada Bp. Bupati, Forkopimda, SKPD dan para Undangan, Mengucap rasa syukur kehadirat Allah telah diberikan kesehatan kpd kita sehingga dapat melaksanakan acara ini, Atas nama Komando Dandim mengucapkan terimakasih kepada semua yang sudah membantu dalam terlaksananya acara ini terutama kpd ibu Dirut RSUD ini yg sdh mendukung kegiatan ini, selanjutanya Dandim menyampaikan Setelah acara tausiah ini akan dilaksanakan anjangsana kepada pasien yg sakit Dirumah sakit, kegiatan Mulawarman Peduli merupakan Perintah Komando atas, Tujuan giat ini juga bertujuan untuk meringankan beban, beri semangat utk selalu berdoa, berikhtiar, menyambung ukhuwah Islamiyah maupun Wahana silaturrahmi ,kekerabatan dan persaudaraan kepada masyarakat HSS yg saat ini mendapat ujian atau cobaan dr Allah SWT dengan cara Melalui kegiatan ini mulai Acara Tausiyah dilanjutkan doa utk pasien yg sakit minimal dapat menambah moril,moral, scr psikologis pasien merasa nyaman ,terhibur , Dandim menyampaikan Terimakasih kepada semua pihak yg sdh membantu terselenggaranya acara ini.

“Kami hadir disini untuk memberi semangat kepada pasien dan keluarganya Masyarakat Hulu Sungai Selatan Semoga Masyarakat yang saat ini sakit di RSUD Brigjen H Hasan Basri diberikan kesembuhan seperti sedia kala sehingga bisa menjalankan tugas kembali,” ungkap Dandim.

Sementara itu Ibu Roselawati mengucapkan, terima kasih kepada Dandim Kandangan bersama rombongan yang sudah sudi datang di rumah sakit menjenguk kami.

“Kami sangat terharu kedatangan pak Dandim dan rombongan Forkopimda Kab HSS, dengan cepatnya Ia merespon dan peduli terhadap kami,ini merupakan contoh yang baik dilakukan seorang Pemimpin Daerah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini yang Sinergis,semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan kepada yang lain juga,” ujar Ibu Roselawati.

Ia menambahkan, apa yang dilakukan Dandim dan Forkopimda hari ini merupakan contoh yang baik, meskipun beliau seorang yang sibuk namun beliau mau meluangkan waktu untuk menjenguk orang sakit.

“Sekali lagi kami sangat mengapresiasi kepada Forkopimda Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang memiliki rasa sosial yang tinggi terhadap masyarakat, dengan kedatangan beliau kami merasa termotivasi dan semangat untuk sehat,” pungkas Ibu Roselawati

Adapun Pejabat Forkopimda Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang hadir dalam kegiatan Mulawarman Peduli di Wilayah Kodim 1003/Kandangan sebagai berikut Bupati Drs. H. Achmad Fikry, MAP, Ketua DPRD H. Ahmad Fahmi SE , Dandim Letkol Inf Suharfi Aji Sriwijayanto, SE, Kasdim 1003/Kandangan Mayor Inf Armal SH, Wakapolres HSS Kompol Arief Himawan, SH (mewakili Kapolres), Kajari HSS, Ka Pengadilan Negeri, Direktur RSUD Brigend H. Hasan Basry dr. Hj. Rasyidah, M.Kes

Ketua MUI Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tuan Guru H. M. Riduan Basri, pejabat SKPD HSS , Pejabat Veritkal BUMN HSS, Forum IDI HSS, para Perwira Kodim, Dankipan C Yonif 621/Mtg Kapten Inf Saiful Bakri, Ketua Persit Cabang XXVI Dim 1003 Ny Hikmah Fadilah beserta pengurus serta para Toga,toda,tomas dan seluruh karyawan, keluarga Pasien dan Masyarakat sekitar RSUD BRIGJEN HASAN BASRI

Acara tambahan Pemberian kursi roda dan Bingkisan mulawarman Peduli secara simbolis dr Bapak Bupati kpd perwakilan keluarga pasien Ibu Nurhayati,dilanjutkan Dandim memberikan bantuan Walker (alat bantu jalan) kepada Ny Mastaini oleh Dandim, Walker (alat bantu jalan) kpd ny Ramlah oleh Tuan Guru Kapuh Kerja MUI Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Rangkaian Kegiatan setelah melaksanakan Tausiyah acara dilanjutkan anjangsana Menjenguk pasien di R. Penyakit dalam dan ruang bangsal- bangsal RSUD Brigjen Hasan Basri yang secara teknis dr Dandim memberikan bingkisan dan Doa dipimpin Ketua MUI HSS adapun ruang yg dikunjungi antara lain :
Rpd Lt. 2 ( Al Qadr lt. 2 ) 24 orang, Ruang Al mumtahanah 17 pasien, Ruan Al Insyirah 11 org, Ruang luqman sementara 14 org, Ruang Al fath 12 org kelas 3, Ruang An-Nuur 9 orang (kelas 3), Ruang Alqadar jd 27 orang pasien, Ruang Annisa dan maryam untuk dengan jumlah pasiennya 15 orang , (8 org kelas tiga), Ruang As Sajaddah 25 pasien, Ruang An Nashr 6 org pasien
,Penyakit paru 20 org.

Dengan jumlah pasien sekitar 200 orang pasien yang ada di Ruang Perawatan Penyakit Dalam Sasaran berikutnya ke ruang VIP tempat opname Istri dr Abah guru Kapuh ketua Mui HSS terakhir Dandim beserta Rombongan menuju anjangsana ke RS CERIA utk menjenguk beberapa paaien yg sakit semoga berkelimpahan nikmat dan berkah untuk kita semua Aamiin. (*/ad-sb)

Check Also

Kendati Hujan Babinsa Sei Hanyo Semangat Amankan Perayaan Paskah

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat yang sedang merayakan Paskah, Babinsa …