Polda Kalsel Gelar PAM Haul Guru Sekumpul, Ribuan Personil Gabungan Diturunkan

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kepolisian Daerah Polda Kalimantan Selatan menggelar apel pelaksanaan pasukan pengamanan Haul Guru Sekumpul ke 14 di lapangan Sat Brimob Polda Kalsel pukul 8.00 Wita Jum’at (8/3/2019) pagi.

Hadir dalam kegiatan itu, Gubernur Kalsel, FKPD Pemprov Kalsel, Bupati Banjar FKPD, SKPD, Walikota Banjarbaru serta pejabat di lingkungan Polda dan Polresta Banjarmasin serta perwakilan keluarga H. Fauzan.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M. Si dalam amanatnya menyampaikan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Haul Guru sekumpul yang ke 14 tahun 2019.

“Ini merupakan menjadi agenda rutin tahunan di wilayah kabupaten Banjar yaitu mengenang dan menghormati ulama besar Kyai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang di masa kehidupan beliau telah dicurahkan untuk kemajuan peradaban dan perkembangan Islam di Kalimantan Selatan,” terang Kapolda.

Dikatakan, dalam pelaksanaan pengamanan Haul Guru Sekumpul yang ke 14 ini diharapkan kepada seluruh personil TNI Polri instansi terkait dan relawan masyarakat yang terlibat untuk saling mendukung saling menguatkan dan terus berkoordinasi.

Dikatakan pula, kita ketahui bersama kegiatan Haul Guru Sekumpul ini mengalami peningkatan jika dilihat dari jumlah jamaah yang hadir dari tahun ke tahun baik yang datang dari sekitar wilayah Kalimantan maupun dari luar pulau bahkan dari luar negeri.

Karenanya, melihat banyaknya jumlah yang hadir tersebut tentu saja berimplikasi kepada peningkatan Hazard dan kerawanan terhadap gangguan Kamtibmas.

“Sehingga diperlukan kesiapan anggota di lapangan untuk mengantisipasinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolda mengatakan, rencananya pengamanan dilaksanakan selama 3 hari yakni dari tanggal 9 sampai dengan 11 Maret 2019.

“Adapun pelibatkan personil, dari wilayah kabupaten Banjar maupun TNI serta melibatkan pasukan dari yang terdekat.

Dalam hal ini utamanya untuk menjaga keamanan ketertiban dan kelancaran dan kemacetan lalu lintas termasuk pengamanan rute jalur hingga pengaturan parkir mobil,” paparnya.

Orang nomor satu di jajaran Polda Kalsel ini menambahkan, saat ini telah dikerahkan pasukan dari Polres Banjar sebanyak 573 personil, Kodim 1006/MTP 400 personil, Satpol PP 550 personil, Damkar 150 personil 1100.

Kemudian, PLN 170 personil,
BPBD 25 personil, Senkom 20 personil, Relawan kurang lebih 18000 personil selain backup dari Polda Kalsel dan jajaran lain juga telah disiapkan.

Bantuan kekuatan juga diturunkan sebanyak 775 orang terdiri dari Polda Kalimantan Selatan 420 personil, Polresta Banjarmasin 115 personil.

Polres Banjarbaru 95 personil, Polres Batola 70 personil, Polres Tanah Laut 45 personil, Polres Tapin 30 personil. (ad/ujg-sb)

Check Also

Mulawarman Peduli, Kodim 1007/Bjm Bagi Buah Segar ke Petugas Linmas Tiap Kecamatan

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Cuaca yang cukup terik di Kota Banjarmasin akhir akhir ini membuat gerah …