Haul Guru Sekumpul, Balakar 545 Kapuas Sediakan Posko Layanan Masyarakat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik dilakukan Balakar 545 Kapuas, organisasi ini menyediakan pelayanan Posko dan Rest Area bagi masyarakat yang menghadiri Haul akbar ke 14 Guru Sekumpul.

Posko berlokasi kawasan Bundaran Besar depan Alfa Mart Jalan lintas Trans Kalimantan Desa Handil Baras Kelurahan Selat Utara Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

“Ini agenda tahunan Balakar 545 Kapuas. Tujuannya membantu dan bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang menghadiri Haul Guru Sekumpul di Martapura Kalsel,”kata Ketua Harian Balakar 545 Kapuas, Rahmat M Noor Sabtu (9/3/2019).

Menurutnya, jika dibanding haul sebelumnya tahun ini terjadi peningkatan sekitar 4000 persen masyarakat yang datang dari berbagai penjuru daerah.

Dikatakan, masyarakat datang Provinsi Kalbar Lamandau, Sukamara, Pangkalan Bun, Seruyan, Sampit, Katingan, Palangka Raya, Gunung Mas, Pulang Pisau dan Barsel. Sedangkan Murung Raya melalui jalur darat Barito.

“Karena menempuh ratusan kilometer sebelum melanjutkan perjalanan menuju Banjarmasin tentu merasa lelah.

Kami persilahkan mereka untuk beristirahat dengan menyiapkan konsumsi berupa makanan gratis siap saji, minuman, musholla, tenaga medis serta kamar kecil,”ucapnya.

Lebih jauh dikatakan, kegiatan Balakar 545 ini berlangsung lima hari yaitu sejak tanggal 7 hingga 11 Maret 2019.

“Kami standby 24 jam secara bergantian memantau keberangkatan dan kepulangan (arus balik) nantinya,”katanya.

Selain, Posko Induk di Budaran Besar pihaknya juga menyediakan Posko di Jalan Patih Rumbih samping Hotel Almadani dan Posko di Kelurahan Hampatung Kecamatan Kapuas Hilir.

Rahmat menghimbau, kepada masyarakat yang berangkat menghadiri Haul Guru Sekumpul baik berangkat dan pulang agar selalu berhati-hati di jalan.

“Saat bepergian kunci dan pagar rumah dipastikan aman termasuk penggunaan listrik yang tidak perlu dimatikan,”terangnya seraya menambahkan, pihaknya juga membagikan snack dan stiker ke 14 Haul Akbar Guru Sekumpul kepada para pengendara.

Salah satu warga, Nurul ditemui sedang istirahat di Posko Balakar 545 menyampaikan, ia bersama keluarga dari Palangkaraya bersama keluarga bersepada motor ke Banjarmasin menghadiri Haul Guru Sekumpul.

Pantauan, Suara Borneo Jalan Trans Kalimantan Bundaran besar Kapuas arus lalu lintas baik kendaraan roda empat dan roda dua sejak beberapa hari terlihat padat menuju Banjarmasin, Kalsel.

Puncak Haul Akbar ke 14 Guru Sekumpul digelar hari Minggu malam (10/3/2019). (ujg/ery-SB)

Check Also

Warga Berkerumun di Mobil Oksigen PKS Palangka Raya

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Warga yang tinggal di pemukiman padat penduduk Kota Palangka Raya masih …