Tingkatkan Kecerdasan Di Kalangan Murid Dengan Perbanyak Literasi Membaca

Tingkatkan edukasi, kalangan murid senantiasa ber – literasi dalam menyerap sumber informasi dalam bacaan. (Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Saat ini gerakan literasi membaca mulai ditingkatkan kepada seluruh lapisan masyarakat, karena dengan membaca akan banyak membawa pemahaman akan pendidikan. Selain itu sudah merupakan hak setiap orang untuk belajar sepanjang hayat.

Dengan meningkatkan kemampuan literasi membaca pada masing-masing individu, maka diharapkan dapat membuka cakrawala pengetahuan dan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Baik itu secara individu maupun kelompok sosial.

Secara luas, memperbanyak litersi memiliki “Multiple Effect”. Selain dapat membantu pembangunan yang berkelanjutan, hal tersebut sekaligus juga bisa menjadi alat dalam memberantas kemiskinan, mengurangi angka kematian, pertumbuhan penduduk, dan lain sebagainya.

Program perluas wawasan dengan perbanyak literasi dalam membaca seperti itu, turut pula diterapkan pada ruang lingkup SMP Negeri 01 Sangatta Utara, dalam upaya menyerap akan pemahaman ilmu dikalangan pelajar.

“Dengan membudayakan membaca, mampu memberikan pembekalan dan penambahan wawasan ilmu pengetahuan,” terang Kepala SMPN 01 Sukartini kepada awak media SuaraBorneo.com

Sukartini mengatakan, untuk meningkatkan minat baca para murid, biasanya para guru mengingatkan pentingnya pemanfaatkan waktu luang untuk membaca. Baik memasuki waktu luang diruang kelas maupun jam istirahat diluar sekolah.

“ Hal ini juga untuk mengasah kecerdasan. Dengan perbanyak bacaan yang berdukasi maka akan berdampak pada meningkatnya kualitas sumber daya manusia. Sangat penting meningkatkan ilmu pengetahuan mereka, mengingat para murid sebagai generasi penerus bangsa,” tutup Sukartini. (aji/ra-sb)

Check Also

Mobil Hias STQ Kapuas Pukau Penonton

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Mobil hias mampu memukau penonton yang menyaksikan acara pelepasan pawai taaruf …