Edukasi Manfaat Sarapan Pagi di SMAN 1 Tanjung

TANJUNG, SuaraBorneo.com – Januari – Februari kami mendapatkan kasus pasien siswa 5 orang semuanya perempuan dengan gejala sama yaitu pingsan dan kejang pada otot akibat dehidrasi akibat apel dipengaruhi cuaca panas. Kejadian itu maka kami menindak lanjuti tindakan cepat dengan pencegahan dengan edukasi ke sekolah lewat upacara bendera, tentang manfaat penting nya sarapan pagi, manfaatnya menambah kecukupan energi, dengan sarapan yang bergizi akan menghasil kan energi optimal, energi optimal  ini akan digunakan oleh tubuh diolah untuk menghasilkan kalori (energi) digunakan untuk metabolisme tubuh, energi tersebut digunakan juga untuk memompa jantung  menyebarkan darah keseluruh tubuh yang kaya oksigen sampai ke otak, otak yangg kekurangan oksigen akan berpengaruh terhadap daya ingat seseorang terhadap murid dengan pelajaran, apabila di saat apel tidak sarapan  disertai riwayat sering pingsan maka akan memperparah kondisi siswa, siswa akan pingsan karena jantungnya tidak cukup energi untuk memompa darah kaya oksigen keseluruh tubuh sehingga otak kekurangan oksigen dan akan menimbulkan pingsan.

Ini berhubungan HB darah, HB darah berfungsi untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh apabila HB kurang dari normal maka akan mengakibatkan anak murid menjadi 4L Letih Lesu Lemah Lunglai, aktivitas menjadi terhambat malas dan mengantuk maka murid tidak optimal menerima pelajaran.

Untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh, di saat tidur tidak ada aktivitas untuk pembakaran energi sehingga kadar gula dalam darah menjadi rendah maka dari itu untuk mengoptimalkan kita Harus sarapan pagi untuk menstabilkan tubuh dan siap beraktivitas.

“Menurut penelitian Dr seorang dokter ahli gastroenterologi dan pakar dibidang gizi Ronal E kelinman M.D. Sarapan pada anak sebelum berangkat sekolah akan berpengaruh dengan prestasinya karena sarapan mampu menstimulasi kecerdasan otak dan otak maksimal menyimpan memori,” terang Mohammad Kamal Nazwil SKM jabatan ahli kesehatan masyarakat puskesmas murung pudak.

menurut penelitian, emosi  seseorang dapat dipengaruhi dari cara sarapannya, orang yg sarapan sebelum menjalani aktivitas cenderung memiliki tingkat emosi stabil dan terkontrol dibandingkan mereka yg tidak sarapan

sarapan dengan gizi bagus akan berdampak meningkatkan kesehatan anak cukup kalori protein vitamin mineral dan disempurnakan dengan minum susu, ungkapnya saat di wawancarai awak media SuaraBorneo Senin (11/03/2019)

Anak murid siswa tidak dianjurkan untuk diet karena banyak diet yg salah, anak masa pertumbuhan memerlukan gizi seimbang dan sehat guna mendukung pertumbuhan anak dan di saat anak mengalami obesitas hendaknya diet sehat untuk konsultasi ke ahli gizi puskesmas murung pudak untuk menyusun asupan kalori perhari.

Makan sayur dan buah yg kaya vitamin mineral guna meningkatkan kekebalan tubuh anak , dan serat berfungsi untuk membatasi penyerapan lemak kolesterol gula berlebih di dalam usus dan membuat BAB lancar.

Dan yang terakhir hindari narkoba dan hidup sehat. Kata lulusan Universitas lambung mangkurat PSKM – KEDOKTERAN Banjarmasin itu.(mh/ujg.sb) 

Check Also

5 Lahan Sawit di Mempawah, Kuburaya, Ketapang dan Landak di Segel Polda Kalbar

PONTIANAK, suaraborneo.com – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH …