SDN 006 Menuju Go Green To School

Memegang bibit tanaman. Guru dan murid foto bersama sebelum lakukan penanaman.

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Kian menambah nilai estetika keindahan lingkungan sekolah melalui pencanangan sekolah hijau atau “Go Green To School” pembenahan melalui pemanfaatan perkarangan sekolah di SD Negeri 006 Desa Tanah Abang Kecamatan Long Mesangat kian diperindah melalui penanaman bibit pohon produktif.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 006 Long Mesangat Sugiyanto menjelaskan, kesadaran akan lingkungan seperti ini harus diterapkan sejak usia dini, mengingat pentingnya penghijauan dalam menciptakan kawasan serapan air dalam mengatasi banjir dan longsor.

Selain itu nantinya hasil dari pada bercocok tanam tersebut dapat pula dikomsumsi bersama, dan paling penting akan menjadikan lingkungan sekolah nampak asri dan hijau.

“Kami ajarkan bercocok tanam, hal ini sekaligus mengedukasi para murid untuk bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada. Selain itu, dengan bercocok tanam akan memberikan kesan asri dan teduh pada lingkungan sekitar,” jelas Kepsek Sugiyanto.

Selanjutnya Sugiyanto mengatakan, dalam program pencanangan sekolah hijau ini selain didukung oleh Dinas Pendidikan Kutai Timur (Disdik Kutim), pemanfaatan pekarangan sekolah tersebut turut pula mendapatkan dukungan  tanaman dari Tim Pengeraak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Long Mesangat, berupa bantuan bibit tanaman.

“Bantuan yang kami terima berupa bibit buah, seperti jenis pohon mangga, belimbing, jambu, sawo. Dalam mewujudkan program “Go Green To School” kami tak mau kalah tertinggal dengan keberadaan sekolah yang ada di kota Sangatta,” katanya.

Lebih jauh, pihaknya berharap jika bantuan bibit serupa dapat terus berlanjut dilingkungan sekolahnya. (aji/ra-sb)

Check Also

Dukung PKN Revolusi Mental 2019, Bank Kalsel Beri Bantuan Calon Debitur KUR Sektor Peternakan

MARTAPURA, SuaraBorneo – Sebagai tuan rumah Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Tahun 2019, berbagai rangkaian …