Kemah Fun Camp, Cara SMPN 1 Merefresh Otak Para Murid

Roma Malau Saat Pembukaan Kemah SMPN 1 Sangatta Utara. (Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Memupuk kedisplinan dan galang kekompakan, maka baru-baru ini, Jumat (08/03) 2019, melakukan program kemah yang dihelat Kawrcab Kutai Timur.

Sebanyak 667 adik-adik pramuka Kwarcab dari SMPN 1 Sangatta Utara menyukseskan event perkemahan tersebut. Yang mana kegiatan perkemahan berlangsung selama 3 hari berlokasi di kawasan APT Pranoto gang PLN Kecamatan Sangatta Utara sekretariat Kwarcab Kutai Timur dan dibuka langsung oleh Plt Dinas Pendidikan Kutim Roma Malau sekaligus mewakili Ketua Kawarcab Kutim H Kasmidi Bulang, ST.MM.

Roma Malau menjelaskan giat perkemahan Kwarcab Kutim mengusung tema “Fun Camp”, Plt Disidik ini berharap pada peserta kemah para murid – murid anggota Kwarcab Pramuka SMPN 1 melalui angenda kemah dapat menumbuhkan rasa kemandirian. “Selain membentuk kemandirian, juga meningkatkan kedisplinan, toleransi, berkualitas, bermatabat, dan berkarakter semua itu ada dalam Sapta Pramuka, sehingga mengikuti Fun Camp Pramuka ini tidak sia-sia, ada yang dibawa pulang seperti terlihat sikap hormat kepada yang lebih tua dan sekitar,”tegasnya.

Roma Malau mengungkapkan lahirnya anggota tunas Kepramukaan yang mandiri, berdisplin, tolerasi, memiliki kualitas, bermartabat serta berkarakter wajib ditanamkan dimasing-masing sanubari peserta kemah pramuka SMPN 1. “Artinya dengan cerminan tersebut nantinya juga memiliki rasa hormat menghormati, saling menghargai satu sama lainnya terutama rasa menyayangi kepada adik-adik yang mengikuti ajang camp fun,” ulasnya.

Selaku pucuk Plt Disdik Kutim menambahkan karakter yang telah dijabarkan sebagai indikator penting dapat diimpelementasikan sebagai wujus sauri tauladan baik dalam menjalankan sendi-sendi kemasyarakatan saat berada disekolah maupun luar sekolah.
Sedangakan kepala SMPN 1 Sukartini dibwaktu yang sama menuturkan tujuan utama, intisari Fun Camp yaitu membentuk karakter anak menjadi displin dalam kehidupan sehari-hari mereka. serta memberikan edukasi mengenalkan suasana alam terbuka kepada siswa-siswa. Ia juga menjamin persiapan lahan sebelum kegiatan dipastikan Clear Area, mulai dari merintis lahan hingga di-Fogging menjaga anak-anak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sementara dari pengamatan panitia kemah, Muammar menekankan rangkaian tahapan pelaksanaan nantinya dapat dijadikan barometer (tolok ukur) bahan evaluasi pada setiap kegiatan yang selalu mereka ikutin di-Kabupaten, Nasional hingga Internasional.

“Di SMPN 1 melalui jadwak eksrrakulikuler kami terus menempa dan memberikan bimbingan tekhnik, arahan berupa pelatihan-pelatihan dari tahapan tersebut klimaksnya kami lakukan kemah bertajuk fun camp sebagai wadah dalam mengembangkan dan kreatifitas para adik-adik Pramuka SMPN 1,” urainya.

Panitia Fun Camp menguraikan rangkaian event kemah yang diisi dengan berbagai kegiatan permainan “game” yang meliputi atraksi game lomba Go Talente, Beatle yel-yel dan tradisional games. “ Yang mana games tersebut sebagai sarana refreshing para adik-adik pramuka dalam melonggarkan pikiran setelah menghadapi berbagai proses pembelajaran dalam menimba pengetahuan dalam ruang kelas, sekaligus melatih talenta bakat tarik suara melalui bernyanyi,” tutup Muammar. (aji/ra-sb)

Check Also

Bank Kalsel Gelar Edukasi Menabung Anak Usia Dini

BATULICIN, SuaraBorneo – Bank Kalsel selalu berperan aktif membangun serta mensejahterakan masyarakat khususnya di provinsi …