Pemkab Kutim Akan Siapkan Pengacara Negara Lawan Gugatan Orang Tua Eza

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Rapat rutin mingguan dalam agenda Coffee Morning, di ruang meranti, Berlangsung hangat. Senin (11/3/2019).

Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang ST.MM yang memimpin rapat Coffe Morning tersebut menyoroti gugataan dari Rianti atau yang dikenal dengan panggilan ibu Ria, orang tua Eza Saputro putra atas dugaan malpraktik yang dialami oleh anaknya, diduga dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga Sangtta.

Pasca tindakan operasi melalui tanam lensa menurut ibu dari Eza, mata anaknya mengalami kebutaan permanen pada mata kanan sang anak. Mengetahui perihal tersebut membuat ibu Ria keberatan dan megadukan kasus dugaan malpraktik tersebut ke pihak berwajib. Dalam perkembanganya, laporan kasus tersebut dilayangkan kepada pihak tergugat dalam hal ini kepada dr. Zainidin SpM yang menangani operasi mata kanan Eza, Kepala RSUD Kudungga Sangatta Dr Anik Istiyandari, Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur Dr . H. Bahrani serta kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Untuk itu Wabup Kasmidi menanyakan langsung akan berbagai tahapan, terutama menyangkut mekanisme dan teknis dalam menghadapi gugatan itu. Kasmidi pun mengakui juga akan menyiapkan pengacara negara untuk menhadapi gugatan tersebut. Kasmidi juga meyayangkan gugatan yang dilayangkan oleh keluarga pasien tersebut, apalagi sejauh ini pemerintah tidak menutup mata turut mengawal kondisi yang menimpa Eza.

“Yah sebenarnya kondisi dari kronologinya tidak demikian, kondisi penglihatan anaknya memang sudah terganggu. Lantas kami baik dari Pemerintah seperti rumah sakit berniat membantu dalam perawatannya bahkan pemerintah ikut membiayai selama proses penanganan medis berjalan,” ungkap orang nomor 2 di Kutim.

Lebih jauh Kasmidi meminta kepada OPD terkait untuk dapat mengumpulkan data (informasi) administrasi pendukung dalam memberikan keterangan data atas alur kronologis penanganan Eza termasuk bantuan-bantuan yang sudah diberikan.

“Bahkan saat saya memberikan dana santunan ke rumahnya, si ini sempat meminta tolong agar diberikan bantuan dan saya langsung bantu waktu itu dengan dana pribadi saya.Tapi malah seperti ini jadinya. Untuk itu saya mewakili Pemkab Kutim akan melakukan upaya perlawanan,” jelas wabup. (aji/ra-sb).

Check Also

Danrem 091/ASN Pimpin Sertijab 14 Pejabat TNI Kaltim dan Kaltara

Suaraborneo.com, SAMARINDA – Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen Widi Prasetijono memimpin langsung acara serah …