Defisit Bukan Alasan, Buktinya Disdik Kutim Sukses Membangun 3 Sekolahan.

Roma Malau. (Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Sempat diterpa defisit anggaran Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur, tidak menjadi alasan bagi Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur kurang bergairah dalam meningkatkan semangat etos berkinerja dan minim program dalam memajukan seputar dunia pendidikan.

Patut diacungi jempol kepemimpinan yang tergambar jelas dalam kepribadian Plt Kadisdik Kutim Roma Malau dalam melaksanakan percepatan pembangunan sarana gedung sekolahan.

Hal ini diungkapkan Roma Malau, saat diwawancarai diruang kerjanya pada Rabu (13/03) 2019 diruang kerjannya walau diterpa badai defisit berkepanjangan, berangkat dari semangat serta pengabdian yang amanah dirinya mampu membuktikan dalam memenuhi ketersediaan kuota bangunan sekolah. “ Yang mana kami telah berhasil membangun tiga gedung sekolah,”terangnya dengan gamblang.

Kadisdik ditengah keterbatasan pendanaan dalam progress pembangunan tigas sekolah tersebut, tetapi pihak disdik tetap berupaya menjadikan proyek pembangunan 3 sekolah menjadi skala prioritas. Adapun tiga sekolah yang dibangun yaitu Taman Kanak-kanak (TK) di Kecamatan Karangan dan dua buah Sekolah Dasar Negeri (SDN), masing-masing di Kecamatan Karangan dan di Kecamatan Busang, tentunya suksesnya pembangunan tak lepas pula dari support Pemkab Kutim,” kata Roma Malau saat mengulas kembali kepada wartawan.

Selain telah membangun bangunan-bangunan sekolahan tersebut, Disdik juga mampu melakukan pembenahan fasilitas dan sarana pendidikan bagi sekolah-sekolah yang sudah ada, terutama terhadap sekolah-sekolah yang sarana dan fasilitas pendidikannya dianggap masih kurang layak.

berhasil membangun tiga sekolah. Meskipun mmiliki keterbatasan anggaran namun keinginan Disdik dalam memajukan dunia pendidikan patut diajukan jempol.

“Dengan kondisi keterbatasan anggaran yang ada, tahun ini Dinas Pendidikan Kutim masih mampu membangun 3 sekolah di kecamatan,” kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kutim, Roma Malau.

Menurutnya, dengan kondisi anggaran anggaran saat ini terbilang terbatas, namun baginya dunia pendidikan tetap menjadi salah satu prioritas pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kutim.

“Jadi, tiga sekolah yang dibangun Pemkab Kutim tahun ini adalah Taman Kanak-kanak (TK) di Kecamatan Karangan dan dua buah Sekolah Dasar Negeri (SDN), masing-masing di Kecamatan Karangan dan di Kecamatan Busang,” terangnya.

Selain itu, Dinas Pendidikan Kutim juga tidak melupakan untuk melakukan pembenahan fasilitas dan sarana pendidikan bagi sekolah-sekolah yang sudah ada, terutama terhadap sekolah-sekolah yang sarana dan fasilitas pendidikannya dianggap masih kurang layak. “Mengapa perlu dilakukan pembenahan? Karena saya masih mendapati sejumlah sekolah di Kutim yang dalam kegiatan belajar mengajarnya masih lesehan,” beber Roma Malau.

Walau dalam pelaksanaan Roma mengakui sedikit tertatih namun dirinya bertekad untuk terus memajukan pendidikan demi melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. (ra-sb)

Check Also

Bank Kalsel Gelar Edukasi Menabung Anak Usia Dini

BATULICIN, SuaraBorneo – Bank Kalsel selalu berperan aktif membangun serta mensejahterakan masyarakat khususnya di provinsi …