Mulawarman Peduli : ROE Dalam Rangka PAM Pemilu 2019

 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Dandim 1007/Banjarmasin memberikan pengarahan kepada seluruh anggota terkait pedoman aturan pelibatan/Rule of Engagament (ROE) dalam rangka pengamanan pemilu 2019 di Aula Makodim 1007/Banjarmasin Jln S.Parman Nomor 5, Rabu (13/3/2019).

Netralitas TNI dalam Pemilu 2019 menjadi topik utama dalam pengarahan Dandim kali ini. TNI tidak memihak dan berpihak kapada salah satu kontestan pemilu 2019.

Selain itu TNI dilarang memberikan komentar, diskusi, pengarahan berkaitan dengan momentum Pemilu tahun 2019

Dandim 1007/Banjarmasin mengatakan “Hal ini harus disampaikan kepada seluruh anggota agar tdk terjadi kebimbangan dan sebagai pedoman dalam bertindak dilapangan,” paparnya.

Selain itu para prajurit harus selalu berpegang teguh kepada Sapta Marga, sumpah prajurit dan 8 (delapan) wajib TNI agar jangan sampai terjebak oleh situasi dan kondisi dilapangan,” imbuh Letkol Inf Nopid Arif.

“ROE ini mengacu pada UU no 34 th 2004 tentang TNI yg mana dijelaskan tugas TNI antara lain OMSP (operasi militer selain perang), juga bersumber dari peraturan KASAD (Perkasad) /89/XI/2009 tgl 30 nop 2009 ttg perbantuan TNI AD kepada Polri dalam rangka Kamtibmas,” tambahnya

Sebelum pengarahan Dandim menyempatkan melakukan pengecekan kelengkapan dan kesiapan kendaraan serta peralatan PHH yg akan digunakan dalam pengamaman pemilu April mendatang.

Selesai pengarahan Dandim melaksanakan peninjauan ke tempat penyimpanan logistik pemilu di Gedung Sultan Suriansyah Jln Hasan Basri Kayutangi. (ad-sb)

Check Also

Penanganan Limbah B3, Pembangunan IPAL RSUD Kapuas Segera Terwujud

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Proses pembangunan Istalasi Pembuangaan Air Limbah (IPAL) RSUD Dr. Sumarno Sosroadmojo …