Lomba Cipta Menu B2SA Cegah Stunting

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com –
Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Ketahanan Pangan Kapuas bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas melaksanakan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2019.

Kegiatan yang diikuti oleh 17 Kecamatan, Kamis (14/3/2019) di Gedung Wanita Lawang Kameloh itu dibuka oleh Isteri Bupati Kapuas Ary Egahni, SH, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman untuk memenuhi gizi sehari-hari dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah.

Selain itu, untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumberdaya lokal serta untuk menggali potensi dan memperkenalkan pangan lokal olahan yang memiliki nilai komersial yang ada di daerah Kabupaten Kapuas.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan peninjauan oleh Isteri Bupati Kapuas yang dihadiri oleh Ketua Ikiawan Kapuas, Ketua Bhayangkari Kuala Kapuas, Ketua Kartika Chandra Kirana Kapuas, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Suryadi Noor beserta jajaran, Anggota TP PKK Kabupaten dan dinilai oleh 3 orang dewan juri baik dari Persagi Kabupaten Kapuas, TP PKK dan Ketahanan Pangan.

Kemudian, terakhir acara dirangkai dengan penutupan pengumuman pemenang lomba, yang mana Juara Pertama Lomba B2SA dimenangkan oleh Kecamatan Basarang, Juara Kedua Kecamatan Selat dan Juara Ketiga Kecamatan Kapuas Murung.

Selanjutnya, Kategori Penampilan dan Penyajian Menu dimenangkan oleh Kecamatan Dadahup, Menu Aplikatif Keluarga diraih oleh Kecamatan Timpah, Kategori Kreasi Menu Beragam diraih oleh Kapuas Tengah. Lebih lanjut, untuk Kategori Kreasi Menu Seimbang diraih oleh Kecamatan Pasak Talawang dan secara khusus untuk Kategori Pangan Lokal Olahan Bernilai Komersial diraih oleh Kecamatan Selat akan mewakili Kabupaten Kapuas untuk Lomba B2SA Tingkat Provinsi Kalteng.

Ary Egahni dalam sambutannya mengatakan Lomba B2SA merupakan salah satu cara untuk mensosialisasikan bagaimana menyajikan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas, karena Kabupaten Kapuas merupakan salah satu kabupaten yang berdampak Stunting(manusia yang tumbuh kerdil) dan masih sangat tinggi secara umum di Kalimantan Tengah.

“Menu B2SA sangat sederhana, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang disekitar kita, hanya bagaimana cara kita mengolahnya menjadi menu yang bergizi, seimbang dan aman. Oleh karena itu dalam lomba ini kita ingin melihat kreatifitas, inovasi dan inisiatif yang dilakukan ibu-ibu dalam mengolahnya menjadi makanan yang menarik,” tuturnya.

Untuk itu ia berharap halaman rumah dapat digunakan untuk menanami makanan yang sehat, sayur mayur, tanaman obat dan tanaman hias, karena hal itu merupakan salah satu cara melestarikannya dengan tujuan akhir masyarakat Kapuas menjadi masyarakat yang sehat.

Dalam kesempatan itu, Ary Egahni memberikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Kapuas, dan berharap kegiatan ini tidak hanya diimplementasikan sebatas dalam perlombaan saja tetapi benar-benar dilaksanakan dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa sampai RT/RW. “Dengan harapan di rumah kita bisa belajar untuk ‘Move On’ bagaimana supaya anak kita sehat, gizi cukup tapi tidak menjadi obesitas,” tekannya.

Ditempat yang sama, Kadis Ketahanan Pangan Suryadi Noor mengatakan salah satu upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan memperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat.

“Konsumsi yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari dari berbagai pangan pokok, ternak, ikan, kacang-kacangan, sayur mayur dan buah sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan tubuh dengan jumlah yang seimbang,” terangnya. (Hmskmf/ujang/ery-SB)

Check Also

Kendati Hujan Babinsa Sei Hanyo Semangat Amankan Perayaan Paskah

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat yang sedang merayakan Paskah, Babinsa …