Mengenal Alfrida, Sosok ASN yang Friendly Berteman Dengan Jurnalis

Alfrida Buranna

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Perempuan yang satu ini sudah lama mengabdi di lingkungan pemerintahan. Sering kedapatan tampak pandai bergaul dengan jurnalis, akhirnya membuat awak SuaraBorneo.com penasaran dan ingin mengenal dia lebih dalam.

Alfrida Buranna ST, adalah sarjana teknik dari Universitas Kristen Indonesia Paulus di Makassar Sulsel. Dia sudah lama mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Kutim. Kini, dia duduk sebagai kepala Sub bagian (Kasubbag) Pemberitaan di Humas Setkab DPRD Kutim.

Jabatan yang didudukinya sejak 2017 itu, membuatnya semakin dekat dengan para wartawan pencari berita. Kedekatan itu pula membawa kebaikan bagi dirinya, karena bisa mendapat pengetahuan tentang bagaimana proses pembuatan berita di lapangan hingga dijadikan di media cetak maupun media online.

“Kalau saya selalu menikmati saja apa tugas yang diamanahkan pada saya. Kalau saat ini, tugas saya harus berhadapan dengan media, jadinya dekat juga sama teman-teman wartawan di Kutai Timur,” ujarnya.

Pengabdian di Pemkab Kutim, menurut Alfrida adalah kisah hidup yang patut dibanggakan. Anak cucu nanti, perlu mengetahui bagaimana perjuangannya.

Dalam menghadapi media, terang Alfrida, perlu dilakukan dengan sikap mengayomi dan berwibawa. Itu agar saat DPRD melakukan suatu kegiatan, dapat diinformasikan dengan berimbang dan profesional kepada media.

“Sebab dampaknya pemberitaan adalah nyata. Jika berita baik, akan membawa perubahan. Sebaliknya, pemberitaan yang buruk, akan juga berpengaruh kepada kinerja dan suasana di pemerintahan maupun DPRD,” ujar perempuan berambut panjang sebahu itu, saat dijumpai di ruang kerjanya pada Rabu (13/3) siang.

Dia menyatakan, perannya pada zaman kini adalah untuk menangkal berita hoax. Jadi, sebagai ASN di lingkup Sekretariat DPRD, harus terus memantau pemberitaan yang beredar, terutama yang berkaitan dengan Kutim.

“Saya rasa tugas ini sangat berkesan. Tidak semua ASN mendapat kesempatan untuk menjalankan tugas seperti ini. Saya akan bersungguh-sungguh menangkal berita yang tak benar, terutama untuk di DPRD Kutim,” urai Alfrida dengan wajah bersungguh. (cik-sb)

Check Also

Perkuat Sinergitas, Bank Kalsel Bersama Pemkab Tabalong Louching Aplikasi SIMDA Pendapatan Online dan e-BPHTB

TABALONG, SuaraBorneo.com – Selamat dan sukses kepada Pemerintah Tabalong atas lauching aplikasi SIMDA Pendapatan Online …