Ubah Lahan Tidur – Anggota Persit KCK Cab LVI Dim 0909 Sangatta, Gunakan Metode Eco Brick Dalam Pemanfaatannya

Dandim 0909/Sgt Letkol Inf. Kamil Bahren Pasha saat lakukan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian, Jumat (8/3/2019).

SuaraBorne.com, KUTAI TIMUR – Komandan Kodim 0909 Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha, pada beberapa waktu lalu telah meresmikan sebuah taman bermain anak, hasil dari pemanfaatan lahan tidur dii halaman Makoramil 0909/01 Sangatta. (Jumat/08/03/2019).

Ditandai dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon ke udara. Peresmian tersebut dirangkai pula dengan penandatanganan prasasti peresmian pemanfaatan lahan tidur.

Dandim 0909/Sgt Letkol Inf. Kamil Bahren Pasha bersama Kasdim Jon Young Saragi melepaskan balon peresmian pemanfaatan lahan tidur ke udara.

 

Dijelaskan oleh Letkol Inf. Kamil Bahren Pasha, jika taman bermain anak ini merupakan hasil karya dari para ibu-ibu Anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LVI Kodim 0909 Sangatta,
yang memanfaatkan limbah plastik menjadi sebuah karya seni sedemikian rupa nan rupawan, untuk dipergunakan sebagai hiasan di taman.

“Teknik pembuatan karya seni dari pemanfaatan limbah seperti ini biasa disebut dengan metode Eco Brick. Artinya bata ramah lingkungan. Metode ini juga dilakukan untuk meminimalisir banyaknya sampah, dengan memasukan sampah organik hingga penuh kedalam media botol plastik hingga benar-benar keras dan padat,” jelas Dandim 0909 Sangatta kepada awak media, Selasa (19/3/2019).

Dandim 0909/Sgt Letkol Inf. Kamil Bahren Pasha didampingi Kasdim Jon Young Saragi saat tanda tangani prasasti peresmian pemanfaatan lahan tidur pada Makoramil 0909-01/Sgt

 

 

Lebih jauh, Dandim Kamil -sapaan akrab- mengakui bahwa hasil karya ini telah diikut sertakan dalam lomba bersama hasil karya seni milik ibu-ibu Anggota Persit KCK Cabang Koorcab REM 091 PD Mulawarman lainnya, untuk beradu penilaian dalam menjadi sebuah karya seni terbaik. Untuk itu, Ia berharap semoga karya seni taman bermain anak dengan hiasan limbah plastik yang dikerjakan oleh tangan ajaib dan kreatif ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LVI Kodim 0999 Sanggata ini, bisa mendapat penilaian maksimal serta dapat terpilih menjadi yang terbaik.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LVI Kodim Sangatta Ny.Lidya Kamil Bahren Pasha beserta anggota pengurus saat sedang memperhatikan prasasti peresmian pemanfaatan lahan tidur di Makoramil 0909-01/Sgt

“Tak hanya sampai disini, diharapkan kedepan, selain bisa keluar jadi pemenang. Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi buat kita semua, karena pemanfaatan limbah plastik ini sekaligus bertujuan untuk mengurangi tumpukan limbah sampah plastik,” ungkap orang nomor satu dijajaran Kodim 0909 Sangatta in.

Nampak Ibu Ketua Persit KCK Cabang LVI Kodim Sangatta Ny.Lidya Kamil Bahren Pasha lantas mengajak Wakil nya Ny. Silvia Jon Young Saragi berkeliling untuk melihat kembali hasil karya seni dari pemanfaatan lahan tidur yang sudah mereka kerjakan.

Lebih jauh dirinya berpesan agar karya seni yang sudah dibuat ini dapat dijaga dengan baik. Setelahnya harus terus dilakukan pengawasan serta perawatan rutin berkala. (ra-sb)

Check Also

Danrem 091/ASN Pimpin Sertijab 14 Pejabat TNI Kaltim dan Kaltara

Suaraborneo.com, SAMARINDA – Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen Widi Prasetijono memimpin langsung acara serah …