Kabupaten Kapuas Semakin Bersinar Dengan PerpuSeru

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah merayakan hari jadinya ke-213 dan Pemerintah Kabupaten Kapuas ke-68 tanggal 21 Maret tahun 2019.

Dibawah kepemimpinan Bupati dua periode 2013-2018 dan 2018-2023 Ir. Ben Brahim S Bahat MM, MT-HM Nafiah Ibnor, MM program pembangunan di Bumi Tingang Menteng Panununjung Tarung berkembang pesat.

Meski menghadapi tantangan besar, namun mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah ini berupaya keras menggerakan potensi dan Sumber Daya Manusia (SDM) seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk bekerja keras ikhlas dan cerdas sehingga terbukti mendapatkan hasil maksimal demi kemajuan masyarakat.

Dalam perjalanan roda pemerintahannya seperti tertuang dalam visi misi selain bidang lainnya, salah satu fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Kapuas adalah mengembangkan dan meningkatkan program PerpuSeru dan Perpusdes yang dilaksanakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas.

Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas Dra. Hj. Nor Afiati, M.Pd Rabu (20/3/2019) mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kapuas dibawah kepemimpinan Bupati Ir Ben Brahim S Bahat MM, MT dan Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnoor berkomitmen penuh menjalankan program ini.

PerpuSeru dan Perpusdes mitra Coca- Cola Foundation bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dampaknya begitu signifikan yakni memberikan peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat yang tinggal di daerah.

“Program PerpuSeru dan Perpusdes merupakan pemberdayaan yang
menghasilkan perubahan sosial bersifat positif dengan mentransformasi perpustakaan umum menjadi terbuka,”katanya.

Karena itulah, lanjutnya, pada akhirnya dapat diakses masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kreativitas pengetahuan dan pembelajaran.

Adapun, penghargaan diraih Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas tahun 2016 diantaranya, juara 1 Kategori dokumentasi kegiatan.

Tahun 2017 pemenang lomba Cerita Impact Kategori Tulisan, Perpustakaan Desa Best Of The Best.

Tahun 2018 Perpustakaan Desa Terbaik Desa Tambun Raya dari CCFI dan Bill & Melinda Gates.

Tahun 2019 kembali meraih penghargaan 10 besar nasional Top Ten Inovasion sehingga, mendapat program DAK untuk pengembangan transformasi perpustakaan.

Atas keberhasilan berbagai penghargaan yang diraih baik tingkat provinsi dan nasional, program PerpuSeru dan Perpusdes membuat Kabupaten Kapuas semakin bersinar sehingga, patut mendapat apresiasi dari semua pihak berkat upaya dan kerja keras yang dilakukan pihak Disarpustaka Kapuas.
(ujang/ery-SB)

Check Also

Walikota Berbincang Santai Bersama Cinta Laura, Nikmati Sensasi Rumah Hantu

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Aktris Cinta Laura dan aktor Herjunot Ali, Sabtu (19/10) malam, hadir di …