ASDP Kutim Usulkan 3 Sungai Untuk Dikeruk

Kondisi Sungai Sangatta Yang Dangkal Terlihat Keruh Dan Kotor. (Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Selama 2 hari Kabupaten Kutai Timur menjadi tuan rumah rapat koordinasi teknis Dinas Perhubungan se Kalimantan Timur 18-19 Marer 2019. Dengan menghadirkan tiga narasumber utama. Diantaranya dari Kepala Biro Perencanaan Kementerian Perhubungan, Kepala Kantor Distrik Navigasi kelas 1 Samarinda, selaku Koordinator Satker Kemenhub Sektor Perhubungan Laut Kaltim. Dan yang terakhir Kepala Bappeda Kutai Timur.

Setelah paparan dari narasumber, seluruh peserta dari 10 Kabupaten/Kota se Kaltim terbagi dalam 4 sidang komisi, untuk membahas bidang LLAJ, Pelayaran, Pengembangan dan Pembangunan serta Aparatur dan SDM.

Pada sidang komisi bidang pelayaran, Dinas Perhubungan Kutim yang diwakili oleh Soleram Irang selaku Kasi Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (asdp), bersama Zulkarnain sebagai Penyidik. Mengusulkan pengerukan 3 alur sungai di Kutim, yakni Sungai Bengalon, Sungai Sangkulirang, dan Sungai Muara Ancalong.

“3 Sungai itu kondisinya alami pendangkalan, sehingga mengganggu alur lalu lintas kapal masyarakat” ujar Soleram ditemui sebelum ikuti sidang komisi.

Soleram berharap agar usulan tahun ini dapat disetujui, dan 2020 mendatang proses pengerukan sungai dapat berjalan. Sehingga dapat memperlancar alur lalu lintas masyarakat yang menggunakan kapal.

Selain pengerukan sungai, asdp Kutim juga mengusulkan melakukan peningkatan sumber daya manusia asdp pada Dishub Kaltim. Seperti mengikuti pelatihan teknis maupun diklat, hal ini lantaran kondisi Dishub Kutai Timur Kekurangan tenaga teknis asdp.

Check Also

Dukung PKN Revolusi Mental 2019, Bank Kalsel Beri Bantuan Calon Debitur KUR Sektor Peternakan

MARTAPURA, SuaraBorneo – Sebagai tuan rumah Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Tahun 2019, berbagai rangkaian …