BPHTB, BPN Akan Gandeng Pemkab Kapuas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Untuk mempermudah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) gratis bagi masyarakat Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Kapuas akan menggandeng Pemerintah Kabupaten Kapuas terkait Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Tujuan BPN dalam hal ini adalah dalam rangka menghapus BPHTB sehingga tidak membebani masyarakat.

“Kalau tidak dibebaskan, berat orang mau buat sertifikat. Salah satu syarat sebelum sertifikat tanah diterbitkan adalah harus membayar BPHTB,”kata Kepala Kantor BPN Kapuas Suraji usai acara penyerahan sertifikat gratis di Halaman Kantor BPN Kapuas Kamis (21/3/2019).

Karena itulah, lanjutnya, berkaitan program nasional melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), pihaknya mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Walaupun demikian, untuk mengganti BPHTB Pemkab membuat regulasi kebijakan pembebasan Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sehingga tidak menuai kendala kedepannya.

“Sebab program PTSL yang tengah digalakan pemerintah pusat ini sangat membantu dan menyentuh langsung kepada masyarakat,” ujarnya. (ujang/ery-SB)

Check Also

Dinsos Kapuas Akan Programkan Pemberdayaan KAT di 2 Desa

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas akan programkan pemberdayaan sosial Komunitas Adat …