Kualitas Meningkat, Karakter Dan Mutu Pendidikan Harus Berimbang

Roma Malau

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Kualitas peningkatan pendidik di Kutim lambat laun terlihat. Itu dibuktikan dengan berbagai prestasi dari para siswa. Mulai meraih juara tingkat Kabupaten, nasional hingga internasional.

Plt Kadisdik Roma Malau mengungkapkan mutu pendidikan sekarang cukup berkembang pesat. Anak didik menunjukannya dengan berbagai capaian juara hingga tingkat nasional.

“Beberapa tahun lalu salah satu SD di Kutim dapat harapan 3 di Olimpiade Saint. Itu cukup luar biasa menurut saya,” sebut Roma.

Selain prestasi, roma menyebut peningkatan pendidikan karakter tidak kalah penting. Pembelajaran prilaku ini mendukung perkembangan siswa di masa mendatang. Membentuk kepribadian, mulai kemandirian, sikap sosial, bekerjasama hingga penguatan agama.

“Seperti tiap Jum’at, saya instruksikan kepala sekolah agar tidak memulangkan siswa sebelum salat jumat berjamaah,” ungkapnya.

Diketahui, penguatan pendidikan karakter (PPK) merupakan sistem pendidikan nasional yaitu perubahan cara berpikir, bersikap dan bertindak menjadi lebih baik. Nilai utamanya adalah religius, nasionalis, mandiri hingga gotong royong.

Tujuan PPK pertama membangun dan membekali peserta didik menghadapi dinamika perubahan di masa depan. Memperhatikan keragaman budaya indonesia dan memperkuat potensi dan kompetensi. (*/yoy/ra-sb)

Check Also

Dibawah Pengaruh Minuman Keras, Oknum Pegawai Bapenda Kutim Buat Resah Saat Lakukan Pendataan

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Sejumlah pengunjung tempat fitnes dibuat resah lantaran adanya oknum Pegawai dari …