Pemkab Kapuas Konsisten Seriusi Percepatan Penyempurnaan Raperda RTRWK

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah konsisten seriusi percepatan penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten.

Ini menyusul surat pernyataan Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova, SH nomor: 800/246/Huk/2019 yang ditandatangani diatas materai 6000 tertanggal 21 Maret 2019.

Menurut Sekda, prinsipnya bertanggung jawab sanggup melengkapi kelengkapan dokumen evaluasi Raperda RTRW Kabupaten tahun 2019.

“Kaitannya tentang validasi KLHS dan rekomendasi Badan Informasi Geofasial (BIG) dalam jangka satu bulan sebelum perda ini diajukan ke Kementerian Dalam Negeri Cq Ditjen Bina Pembangunan Daerah,” katanya.

Karena itu lanjutnya, surat pernyataan ini kami buat dan tanda tangani dengan sungguh-sungguh untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Diketahui, dalam rangka percepatan penyempurnaan Raperda RTRWK Pemerintah Kabupaten Kapuas telah melakukan langkah-langkah, upaya koordinasi dan singkronisasi.

Selain sinergi Pemkab, DPRD, Pemerintah Provinsi Kalteng juga pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

“Kami bersama-sama terus mengawal dan mendorong selesainya Raperda RTRW Kabupaten, dengan begitu gubernur memberikan pengesahan,”jelas Ketua DPRD Kapuas, Algrin Gasan Rabu (20/3).

Sementara itu, Kepala Bappeda Kapuas Yan Hendri Ale Senin (18/3) mengatakan, Raperda RTRW Kabupaten prosesnya dalam tahap penyempurnaan dan evaluasi melengkapi kekurangan peta dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah terintegrasi dalam pembangunan wilayah.

“KLHS dinilai mendasar sehingga perlu disusun, agar dampak negatif pembangunan terhadap lingkungan dapat dihindari,”ujarnya seraya menambahkan, kalau Raperda RTRW produk hukum Kabupaten Kapuas berlaku selama kurun waktu 20 tahun 2019-2039. (ujang/ery-SB)

Check Also

Tersenyum, 14 Orang Pesta Sabu Dituntut Ringan 7 Bulan Rehabilitasi

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Wajar apabila ke 14 Orang terdakwa yang tengah berpesta sabu di gang …