Penanganan Limbah B3, Pembangunan IPAL RSUD Kapuas Segera Terwujud

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Proses pembangunan Istalasi Pembuangaan Air Limbah (IPAL) RSUD Dr. Sumarno Sosroadmojo Kapuas segera terwujud.

Plt direktur RSUD Kapuas dr. Agus Waluyo mengatakan, kalau tahun ini pihaknya telah mengusulkan anggaran ke Pemda untuk pembangunan peremajaan IPAL.

“Sementara itu, sarana pembakaran (incinerator) limbah tergolong Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) kami usulkan tahun depan,”katanya Senin (25/3/2019).

Dikatakan, peningkatan sarana prasarana (Sapras) rumah sakit dianggap mendesak terutama dalam penanganan persoalan limbah.

Keberadaan sarana pembakaran limbah B3 kapasitasnya belum memenuhi standar, karenanya dibutuhkan yang standar.

Lebih jauh dikatakan, walaupun memakai pembakaran yang ada tentu harus ramah lingkungan, sedangkan nantinya jika memakai sistem open kapasitasnya dengan suhu yang tinggi. “Sehingga limbah tersebut dapat hancur dan bisa dibuang ke TPA,”jelasnya.

Hanya saja, imbuhnya, penempatan lokasi pembakaran nantinya apakah tetap berada di area rumah sakit atau pengelolaannya dibawah Dinas Pekerjaan Umum (DPU) atau Dinas Ljngkungan Hidup (DLH).

Menyikapi tumpukan limbah B3 beberapa waktu lalu rumah sakit tetap berupaya melakukan pengawasan ketat.

Kendati terjadi keterlambatan pengangkutan, namun sekarang sudah terangkut dengan truk dan area pembakaran terlihat bersih.

Sejauh ini, sarana pembakaran memakai yang ada, Pemda tetap memberikan anggaran untuk rumah sakit melalui kerjasama MoU dengan pihak ketiga penanganan limbah B3.

Ditambahkan, terkait pembangunan sarana dan prasarana rumah sakit pihaknya juga sudah melakukan pembahasan program rencana usulan anggaran ke Pemda.”Mudah-mudahan tahun depan dapat terealisasi,”terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi mengatakan, kalau tahun ini mengusulkan anggaran pembangunan IPAL rumah sakit. “Kita harapkan dukungan Pemda dan DPRD Kapuas,”katanya. (ujang/ery-SB)

Check Also

Babinsa Rehab Rumah Warga Angkinang

KANDANGAN, SuaraBorneo – Ini sebagai wujud kepedulian TNI dalam hal ini Kodim 1003/Kandangan terhadap warga …

error: Off