Ekonomi Meningkat Disektor Tambang, Pemkab Tabalong Gelar Musrenbang RKPD

TABALONG, SuaraBorneo – Pemerintah kabupaten Tabalong melakukan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 di tingat kabupaten yang berlokasi di Pendopo Bersinar, Selasa (26/3/2019)

Dalam Musrenbang ini di sampaikan bahwa tabalong mengalami peningkatan angka harapan hidup dan rata rata lama sekolah dan pengeluaran perkapita pertahun yang mengakibatkan angka IPM  tabalong lebih tinggi dari angka IPM Provinsi Kalimantan Selatan.

Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi, kabupaten Tabalong juga mengalami peningkatan dari angka 3.11 ke 3.8, dimana peningkatkan ini masih di dominasi oleh sector pertambangan disusul dengan sector pertanian, perikanan, dan kehutanan.

Pemerintah kabupaten Tabalong akan terus melakukan yang terbaik dengan menargetkan IPM Tabalong mencapai angka 72.17 dari angka IPM 70.11 Untuk mencapai itu akan dilakukan strategi seperti peningkatan pengelolaan keuangan daerah, peningkatan kualitas pelayanan public dan kualitas SDM, peningkatan kualitas infrastruktur, peningkatan pertumbuhan ekonomi, serta tata kelola pemerintahan.

Dalam menyampaikan pembukaan acara tersebut Bupati Tabalong H Anang syakhfiani sangat optimis untuk menjadikan kabupaten Tabalong dengan IPM tertinggi kedua di kalimantan Selatan dan berkomitmen untuk lima tahun kedepan akan menciptakan keseimbangan antara masyarakat tambang dan non tambang.

“Karena ketika sector pertambangan dikeluarkan dari perhitungan PDRB, maka pertumbuhan ekonomi kita lebih dari delapan persen.” Jelasnya. (mh-sb)

Check Also

Patroli Gabungan di Perbatasan, Cegah Penyeludupan Secara Ilegal

KAPUAS HULU, SuaraBorneo – Untuk mengantisipasi masuknya barang terutama akomoditi pertanian secara ilegal dari luar …

error: Off