Pengawasan Orang Asing, Kapuas Bentuk Tim Pora

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangkaraya membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) di 17 kecamatan se-Kabupaten Kapuas.

Pembentukan Tim Pora dilaksanakan dalam rapat koordinasi di Aula Kesbangpol Kabupaten Kapuas dihadiri Forkomimda Pemda TNI-Polri serta unsur lainnya Selasa (26/3/2019).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangkaraya Dadan Gunawan mengatakan, kalau ini merupakan target kinerja Kemenkumham terkait imigrasi.

Karena itu pembentukan Tim Pora dari tingkat kabupaten dan kecamatan penting mengawasi keberdaan orang asing.

Dikemukakan, tujuannya juga adalah bagaimana semua pihak bisa menjaga kedaulatan sesuai fungsi masing-masing.

“Kami sebagai fungsi keimigrasiannya fokus terkait keberadaan dan kegiatan orang asing, khususnya di Kabupaten Kapuas,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, Kabupaten Kapuas
merupakan kabupaten kelima yang sudah terbentuk Tm Pora hingga kecamatan, setelah Barito Selatan, Barito Utara Barito Timur, dan Murung Raya.

Diharapkan, semoga tim yang sudah dibentuk tidak hanya tataran diskusi tapi dalam kaitan yang sudah terbentuk melaksanakan tugas dan fungsinya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Kapuas Deni Widanarni mengatakan, kehadiran Tim Pora tingkat kabupaten hingga kecamatan di kabupaten kapuas sebagai wadah koordinasi, konsultasi dan pertukaran informasi tentang keberadaan perlintasan atau kegiatan orang asing di daerah ini. (ujang/ery/SB)

Check Also

Kapolda Kalsel Lepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji Anggota dan PNS Polda

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si melepas …