Hadapi STQ Provinsi, LPTQ Kapuas Siapkan Qori Qoriah Terbaik

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kapuas dijadwalkan menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) pada tanggal 29 hingga 30 Maret 2019 di Hotel Permata Inn Jalan Tjilik Riiwut Kapuas.

Kepastian ini didapat setelah panitia inti menggelar rapat di kediaman Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan, Selasa (26/3/2019) malam.

Rapat diikuti oleh seluruh koordinator bidang ini sepakat pelaksanaaan seleksi ini selama dua hari.

KH Muctar Ruslan menjelaskan, seleksi ini dimaksudkan untuk mencari qori dan qoriah terbaik yang akan diikut sertakan pada STQ XXII Tingkat Provinsi Kalteng. Sesuai agenda bahwa STQ Provinsi Kalteng akan 24 sampai dengan 30 April 2019 di Kota Palangka Raya.

“Pada prinsipnya kami dari LPTQ siap mengikuti kegiatan tersebut dan mulai bulan ini akan kami seleksi siapa yang layak untuk menjadi wakil Kabupaten Kapuas pada ajang Provinsi Kalteng,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, lomba yang akan diikuti diantaranya tartil, tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, qira’at sab’ah, tahfidz, fahmil dan syarhil. Pihaknya pada pembukaan tanggal 29 Maret 2019 akan mengundang Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat agar berkenan membuka kegiatan ini.

“Kami berupaya dalam STQ Tingkat Provinsi Kalteng nanti dapat meraih hasil maksimal, sebab kita akan mengikuti semua cabang lomba sesuai juknis LPTQ Provinsi Kalteng,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan dan Seleksi H Asyhadi menambahkan bahwa seluruh peserta yang berasal dari Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kapuas sebelumnya telah dibina oleh LPTQ Kecamatan.

“Qori dan Qoriah terbaik sebagai perutusan Kecamatan selama 2 hari akan kami tampung di Hotel Permata Inn Kuala Kapuas.

Setelah dilakukan pelatihan oleh para pelatih yang berkompeten lalu kami seleksi untuk memperoleh peserta terbaik. Selanjutnya kepada peserta terpilih kami berikan pembinaan tambahan agar lebih siap mengikuti STQ XXII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah akhir Aprill nanti,” pungkas Asyhadi. (hmskmf/ujang/ery-SB)

Check Also

Warga Berkerumun di Mobil Oksigen PKS Palangka Raya

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Warga yang tinggal di pemukiman padat penduduk Kota Palangka Raya masih …