RKPD Kutim 2020 yang Dihadiri DPRD, Adalah Tentang Peningkatan Nilai Komoditas Unggulan

(Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – DPRD Kutai Timur (Kutim) telah menghadiri Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 Kabupaten Kutai Timur. Dari sana dibahas, bahwa Pemkab akan berupaya meningkatkan nilai komoditas unggulan.

Pada masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Pemkab Kutim diberikan kebebasan mengembangkan potensi komoditas unggulan daerah, sesuai dengan bidang teknis di masing-masing OPD.

Baik itu di sektor pertanian, perdagangan, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), maupun bidang lainnya. Semua potensi yang ada tersebut dipadukan dengan komoditas unggulan yang ada di masing-masing kecamatan, dan kemudian diusulkan dan diramu oleh Bappeda Kutim.

Bupati Kutim Ismunandar mengatakan, upaya peningkatan nilai komoditas unggulan itu harus mendapat dukungan dan komitmen dari semua pihak, baik eksekutif, legislatif dan masyarakat.

Dukungan itu sudah berjalan sejak dulu oleh DPRD Kutim. Mahyunadi selaku ketua DPRD mengaku, dia beserta jajarannya selalu mendukung program Pemkab yang sudah melalui berbagai tahapan. Baik tahap usulan, evaluasi, hingga pemberlakuan peraturan daerah (Perda) untuk mendukungnya.

Sementara terkait kekuatan keuangan daerah, diakuinya masih harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan Negara. Hal ini karena PAD Kutim saat ini belum sepenuhnya mampu menopang anggaran keuangan Kutim. (ra/yoy/cik-sb)

Check Also

Dukung PKN Revolusi Mental 2019, Bank Kalsel Beri Bantuan Calon Debitur KUR Sektor Peternakan

MARTAPURA, SuaraBorneo – Sebagai tuan rumah Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Tahun 2019, berbagai rangkaian …