60 Peserta Ikuti Seleksi STQ Tingkat Kabupaten

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pelaksanaan Pelatihan dan Seleksi Calon Peserta Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang digelar Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kapuas dibuka oleh Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Kabupaten Kapuas Hj Deni Widanarni, Jum’at (29/3) sore di Aula Pertemuan Hotel Permata Inn Kuala Kapuas.

Dalam sambutan tertulisnya Bupati Kapuas menyampaikan, pelatihan dan seleksi yang dilaksanakan pada hari itu bukannya untuk menemukan qori dan qoriah serta hafidz dan hafidzah terbaik yang akan mewakili kabupaten kapuas pada STQ ke 20 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah namun yang paling utama adalah dalam rangka memuliakan Al Qur’an.

“Saya berpesan kepada semua kafilah agar berlomba dengan menjunjung tinggi sportifitas dan menampilkan yang terbaik. Tujuan untuk meraih juara adalah hal yang wajar, namun tidak mengaburkan tujuan utama dari STQ yakni dalam rangka memuliakan kitab suci Al Qur’an, wahyu Allah sebagai petunjuk dan rahmat bagi seluruh penghuni jagat raya, alam semesta,” ucapnya.


Lebih lanjut, diterangkan, melalui pengamalan ajaran agama sebagaimana yang tercantum dalam kitab suci Al Qur’an maka kesadaran beragama umat islam dan kerukunan antar umat beragama akan semakin meningkat, begitu juga dengan keberagaman suku, budaya dan agama ia menerangkan bahwa itu merupakan potensi yang harus terus dijaga dan pelihara kerena keamanan dan kedamaian merupakan modal utama bagi kita semua dalam mengisi, membangun dan memajukan bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Kapuas.

Terkait pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif yang tinggal beberapa hari kedepan, melalui sambutan tertulisnya ia mengajak untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, karena perbedaan dalam alam demokrasi adalah hal biasa, jangan sampai terjadi perpecahan hanya karena perbedaan pilihan dan kunjungilah TPS terdekat pada tanggal 17 April 2019 mendatang serta pilihlah calon Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota yang terbaik sesuai dengan hati nurani masing-masing, karena satiap suara sangat menentukan masa depan bangsa dan negara.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan yang diwakili Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat, menyampaikan laporan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu sejak dibukanya kegiatan tersebut pada hari Jum’at sampai dengan hari Sabtu tanggal 30 maret 2019 yang diikuti oleh 60 orang peserta terdiri dari, Tartil lima orang, Tilawah anak empat orang, Tahfidz 23 orang, Syahril Qur’an 17 orang dan Fahmil Qur’an 11 orang. Pelaksanaan STQ ke XXII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada akhir bulan April 2019. (hmskmf/ujang/ery-SB)

Check Also

Dinsos Kapuas Akan Programkan Pemberdayaan KAT di 2 Desa

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas akan programkan pemberdayaan sosial Komunitas Adat …