KPU Diminta Transparan Soal Iklan Kampanye

SuaraBorneo.com, KUALA KAPUAS – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kapuas mengajak media bersinergi dalam pemberitaan Pemilu.

“Bawaslu tidak bisa bekerja sendirian tanpa peran serta pihak lain. Jadi media sangat dibutukan dalam khususnya pengawasan partisipatif,” kata Ketua Bawaslu Kapuas Iswahyudi Wibowo Kamis malam (28/3/2019).

Lain halnya kantor pusat SuaraBorneo di Banjarmasin tidak ada kesempatan menayangkan iklan Pemilu 2019 berhubung tidak ada undangan dari KPU Kalsel yang mana mengatur untuk iklan atau kampanye peserta pemilu baik itu partai, calon DPD dan Caleg.

Setelah melakukan konfirmasi ke KPU Kalsel, Jum’at 29 Maret 2019 pukul 10.00 Wita semua pengurus baik ketua tidak berada ditempat, setelah meminta salah nomor whatsApp anggota pengurus KPU Kalsel, awak media kami menanyakan, “Gimana pak untuk iklan pemilu kenapa kami ngak diajak,” tanya Ady.

Jawab mereka, “Untuk iklan kampanye sudah berjalan… Kedepan nanti ada iklan untuk sosialisasi, untuk waktu dan tanggalnya nanti diinfokan, katanya.

Di PKPU nya maksimal 5 media aja mas… kemarin kata atasan saya untuk media yang belum masuk bisa dimasukan ke iklan sosialisasi, masih ada 3 iklan sosialisasi lagi nanti mas.. alasannya.

Setahu kami, lebih dari 5 media yang diundang untuk iklan kampanye, malahan sekitar 12 media, ada apa? itu yang kami tanyakan padahal sebelumnya tiap ada kegiatan KPU Kalsel kami selalu eksis meliput dan ditayangkan, bukan.masalah uang iklan tapi prestise media kami.

Menurut Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo, melalui Media Gathering ini diharapkan pula media memainkan perannya mengawasi Pemilu, sehingga penyelengaraan Pemilu berjalan dengan baik.

Karena itulah, lanjutnya, suksesnya penyelenggaraan Pemilu tidak hanya hasilnya namun juga prosesnya (ujg/ad-sb)

Check Also

PDAM Bandarmasih Masih Mandiri Tanpa Penyertaan Modal dari Pemko dan Pemprov Kalsel

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai target kinerja dan keterjangkauan pelayanan masyarakat Kota Banjarmasin, PDAM Bandarmasih dikoordinator …