Ben Brahim Hadiri Pentasbihan Gereja Pandohop

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ben Brahim S Bahat selaku salah satu unsur Ketua di Sinode GKE didampingi Isteri Ary Egahni SH menghadiri acara pentahbisan Gedung Gereja Pandohop di desa Mantaren 1 Jalan Manunggal XV RT III Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau, minggu (31/3) .

Pentahbisan yang dilakukan oleh Ketua Umum Sinode GKE Pdt Dr.Wardinan S Lidim M.Th berlansung dengan hikmad diawali dengan Ibadah dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan Pastori serta pemotongan pita yang dilakukan oleh Ketua Umum Sinode GKE Pdt.Dr Wardiman SLidim.M.Th bersama dengan Ben Brahim S Bahat selaku salah satu Ketua di Sinode GKE dan juga didampingi oleh yang mewakili Bupati Pulang Pisau Drs Damek Panahan.

Ketua Panitia Agustono dalam laporannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan Gereja Pandohop baik moril maupun materil sehingga dapat terlaksana dan selesai dengan baik.

Lebih jauh dia mengatakan, awal pembangunan gereja tersebut dimulai tahun 1970 dengan pebelian sebidang tanah dan baru Pada tahun 1980 mulai pembangunan awal dengan ukuran 10 x 6 m, dengan ketua pembanguna pertama W.A.D Duha bersama 11 orang yang semuanya sekarang sudah Alm.

Selanjutnya pada tahun 2007 digagas untuk merombak bangunan yang awalnya konsturksi kayu menjadi konstruksi beton dan perluasan bangunan sejalan dengan perkembangan jemaat yang kurang lebih berjumlah 400 jiwa. Pada tahun 2008 dimulai pembangunan gedung gereja baru dengan ukuran 12 x 21 M dengan ketua pembangunan Asiswan Bornel.

Baru pada tahun 2014 gereja Pandohop mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau sebesar Rp.100 juta rupiah dan dilanjutkan pada tahun 2017 sebesar Rp. 132 juta rupiah dan pada tahun 2018 dilakukan perluasan/perpanjangan bangunan ukuran 6 x 12 menghabiskan dana sebesar Rp.106 juta rupiah bersumber dari jemaat dan donator dengan ketua panitia pembangunan sdr. Agustono.

Pada tahun 2019 panitia kembali memprogramkan pembangunan Pastori dengan ukuran 8 x 8 berlantai dua dengan perkiraan dana sekitar Rp.250 Juta rupiah dimana bersamaan dengan petahbisan Gedung Gereja dilaksanakan peletakan batu pertama oleh Ketua Umum Majelis Sinode GKE Pdt.Dr.Wardiman S Lidim M.Th, Ir Ben Brahim S Bahat MM,MT selaku unsur Ketua Sinode serta yang mewakili Bupati Pulang Pisau Drs.Damek Panahan.(hmskmf/ujang/ery-SB)

Check Also

Dinsos Kapuas Akan Programkan Pemberdayaan KAT di 2 Desa

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas akan programkan pemberdayaan sosial Komunitas Adat …