Ben Brahim : Kemajuan Daerah Tergantung Dari Infrastruktur

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2020, bertempat di Aula Kantor Bappeda Kapuas, Senin (1/4/2019).

Musrenbang tingkat kabupaten ini dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat. Turut hadir perwakilan dari Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah dan dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Kapuas serta Camat se Wilayah Kabupaten Kapuas.

Bupati Kapuas Ben Brahim dalam sambutan dan arahannya menyampaikan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan di tingkat kabupaten merupakan musyawarah dimana membahas semua aspirasi masyarakat, hal-hal yang tidak dapat dan tidak diketahui oleh masyarakat desa dapat di salurkan di tingkat kabupaten untuk di musyawarahkan ke tingkat provinsi.

Ia mengatakan, Musrenbang merupakan wadah dalam membahas hal-hal penting aspirasi masyarakat, apa yang diminta oleh masyarakat desa baik pada saat Musrenbang Desa maupun kecamatan, tingkat kabupaten yang lebih tahu hal-hal strategis apa saja untuk dapat menggerakan perekonomian kerakyatan. Misalnya, lanjut dia, bidang infrastruktur, yang tidak pernah dipikirkan oleh masyarakat karena keterbatasan mereka, maka kabupaten yang memikirkannya.

Untuk itu, Ia menekankan rencana pembangunan harus terjangkau dari atas, karena kemajuan suatu daerah tergantung dari infrastruktur, dengan adanya infrastruktur yang baik maka akan mengangkat semua bidang baik bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan.

“Saya sudah jalan ke desa-desa, masuk ke gang-gang dan lainnya, apa yang diminta oleh masyarakat saya catat. Maka dari itu saya minta kepada seluruh Kepala OPD kemana-mana harus bawa buku kecil dan pulpen. Apa yang diminta oleh masyarakat dicatat dan disimpan, karena dari catatan itulah yang menjadi program yang akan dibahas dalam musyawarah ini. Kemajuan infrastruktur menjadi hal yang utama,” tegasnya.

Ben mengimbau agar semua OPD harus solid, bekerja sama dan saling mendukung satu sama lainnya, agar infrastruktur di Kabupaten Kapuas baik jalan, jembatan, listrik, air termasuk di dalamnya sanitasi dapat terbangun dengan baik dan lancar. “Untuk sanitasi saya minta dari dana desa untuk mengembangkannya, tidak ada lagi jamban-jamban di sungai, PMD harus ingatkan seluruh Kepala Desa,”ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia selalu mengingatkan agar seluruh Kepala OPD harus berpikir inovatif, kreatif dan cerdas, serta harus bisa melihat peluang yang ada. Musyawarah RKPD dengan dana yang terbatas, harus membangun program yang benar-benar menjadi prioritas, semua pihak harus melengkapi apa yang menjadi hasil dari Musrenbang tingkat desa maupun kecamatan.

“Dalam hidup ini yang penting adalah punya integritas dan kejujuran serta punya kemampuan, baik dalam hal teknis di masing-masing perangkat daerah maupun dalam hal melayani. Kita bekerja tulus dan ikhlas melayani masyarakat, buat program yang realistis dan benar-benar menyentuh rakyat,” pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB)

Check Also

Pelayanan Rumah Oksigen, Hari Libur Dinsos Tetap Layani Masyarakat

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah sepekan ini memberikan pelayanan …