Ini Himbauan KPU Kapuas Melawan Ancaman Hantu Golput di Pemilu

 

Ketua KPU Kapuas, Jamilah Maisura

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam setiap kontestasi Pemilu salah satu persoalan serius dihadapi adalah munculnya ancaman hantu kelompok golongan putih (Golput).

Hantu gentayangan golput ini justru dinilai merusak tatanan demokrasi, meski akhirnya kembali kepada hati nurani masyarakat pemilih.

Pertanyaannya, seberapa mengancamkah hantu golput di Pemilu serentak Pileg/Pilpres 2019, sehingga
tidak berdampak terhadap produk hasil Pemilu yang pada akhirnya memiliki legitimasi kuat dapat dipertanggung jawabkan secara konstitusional.

Berdasar, catatan dari tahun ke tahun orang yang tidak memilih karena alasan politik dan ideologi mengalami penurunan signifikan.

Jika dilihat dari hasil publikasi maupun survei golput hanya berkisar antara 2-3 persen dan tidak menyentuh hingga angka 5 persen.

Artinya, angka golput kemudian bisa ditekan dengan gencarnya sosialisasi oleh penyelenggara Pemilu guna meningkatkan partisipasi pemilih.

Karenanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas menghimbau, seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk datang ke TPS pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 dari pukul 7 – 12 siang.

Berikan hak pilih dalam Pemilu serentak memilih calon presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota.

“Pilih calon kenali visi misinya. Jangan sampai golput dan harus dilawan. Karena suara kita hari ini menentukan kita 5 tahun ke depan,” kata Ketua KPU Kapuas, Jamilah Maisura Rabu (3/4/2019). (ujang/ery-SB)

Check Also

Dinsos Kapuas Akan Programkan Pemberdayaan KAT di 2 Desa

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas akan programkan pemberdayaan sosial Komunitas Adat …