Terindikasi Lakukan Pelecehan Profesi Pers, Oknum Caleg Dinilai Setali Tiga Uang

 

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – “Wartawan itu maju tak gentar membela yang bayar”. Begitu pernyataan oknum caleg incumbent Partai Golkar DPR RI Dapil Kalteng inisial ASM di akun facebooknya.

Namun, pernyataannya mengundang reaksi keras dan protes para wartawan karena dinilai melecehkan profesi wartawan.

Disebut-disebut, oknum wartawan yang juga Ketua PWI Kapuas inisial SH dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya ketika meliput kampanye caleg tersebut diduga tidak bersikap independen.

Terlepas, pemberitaan atau kontrak sekalipun namun, dalam melaksanakan tugas jurnalistik tentu harus memposisikan diri secara profesional.

Ironisnya, foto bersama caleg tersebut tersebar luas di WA dan FB sehingga tidak heran ruang publik pun mengetahuinya.

“Kalimat dibayar
sungguh melecehkan profesi wartawan. Kalau sudah begini ibarat pribahasa sama saja setali tiga uang antara caleg dan ketua PWI itu,”tegas rekan-rekan wartawan Kamis (4/4/2019).

Kendati caleg kemudian mengeluarkan permintaan maaf di FBnya, tetapi tidak hanya cukup dengan perkataan maaf.

“Harus dilakukan konferensi pers sehingga jelas. Sebab, selain melecehkan profesi juga telah beredar luas di medsos,”timpal mereka.

Akibat dari itu, dalam hal ini kami merasa terganggu dan tidak nyaman. “Seolah-seolah wartawan orientasinya selalu bisa dibayar padahal tidak,”tegas mereka lagi seraya menandaskan, kalau kami tetap konsisten menjaga marwah dan martabat pers.

Sementara itu, surat edaran Dewan Pers nomor 02/SE-DP/2018 tentang posisi media dan imparsialitas wartawan dalam Pemilu 2019 menyebutkan, diantaranya Pers nasional melaksanakan peranannya memperjuangkan keadilan dan kebenaran (pasal 6 butir e UU No.40 tahun 1999 tentang pers).

“Adalah kewajiban bagi setiap wartawan agar selalu bersikap independen dengan memberitakan peristiwa atau fakta sesuai hati nurani,”kata Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dalam SE itu. (ujang/ery-SB)

Check Also

Mulawarman Peduli, Kodim 1007/Bjm Bagi Buah Segar ke Petugas Linmas Tiap Kecamatan

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Cuaca yang cukup terik di Kota Banjarmasin akhir akhir ini membuat gerah …