Wabup Buka Sosialisasi Pancasila

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Kesbang dan Politik Kabupaten Kapuas melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila di Kecamatan Basarang, yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor MM, di Aula SMA Negeri 1 Basarang, Rabu (10/4/2019) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Kesbang dan Politik Drs. IDG Oka Ariawan, Camat Basarang Aswan beserta Unsur Tripika Kecamatan, Kepala Sekolah SMAN 1 Basarang beserta jajaran guru dan siswa/siswi sebagai peserta sosialisasi.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor mengatakan Pancasila merupakan sumber hukum dan sekaligus sebagai kerangka acuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena Pancasila sebagai dasar Negara telah dapat mempersatukan rakyat Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam agama, suku, bangsa, bahasa, asal-usul keturunan dan tingkat sosial ekonomi.

Ia mengungkapkan, kondisi saat sekarang Pancasila akhir-akhir ini menjadi satu kosakata yang sangat mahal. Dahulu Pancasila pernah dianggap sebagai falsafah hidup, tetapi kemudian Pancasila ditarik kepada hal yang sangat jauh sekali, jauh dari realitas kehidupan itu sendiri.

“Kita bisa melihat Pancasila itu hanya dipahami secara ceremonial saja, itupun sekali setahun seperti memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hal ini yang menjauhkan kita dari nilai-nilai yang sebetulnya ingin dijadikan Blue Printdalam kehidupan kita saat ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam sambutan tertulisnya, ia menuturkan setelah reformasi, kosakata Pancasila, konsep Pancasila semakin jauh dari pembicaraan dan wacana. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Kapuas berusaha untuk kembali membicarakan hal tersebut dalam satu kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini.

Melalui sosialisasi tersebut diharapkan 4 konsensus dasar nasional yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi pedoman dalam kehidupan, dalam bermasyarakat dan bernegara di Indonesia khususnya di Kabupaten Kapuas.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada narasumber yang telah berkenan untuk memberikan materi Sosialisasi Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila pada hari ini, dengan harapan setelah menerima materi sosialisasi ini para peserta dapat turut berperan bersama pemerintah dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila kedalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” harapnya.

Sementara itu, Oka Ariawan dalam laporannya mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara terpadu dan berkesinambungan.

“Peserta sosialisasi direncanakan sebanyak 100 orang dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Basarang. Kemudian kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari pada hari Rabu tanggal 10 April 2019 di Aula SMA Negeri 1 Basarang, dan untuk Narasumbernya yaitu Bapak Dandim 1011/Klk,”terangnya. (hmskmf/ujang/ery-SB)

Check Also

LSM FPR Kapuas Minta Bingo Ditutup

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Pemuda Reformasi (LSM FPR) Kabupaten Kapuas, meminta …