Bumi Sarabakawa Gelar Wiwitan, Bentuk Rasa Syukur Hasil Panen Berlimpah

TABALONG, SuaraBorneo.com – Para Petani Desa Bilas, Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong melaksankan Wiwitan (Syukuran) atas hasil panen yang berlimpah dan sekaligus bentuk rasa syukur manusia kepada sang pencipta di Area persawahan belulang Desa Bilas, Rabu (24/4/2019).

Tradisi itu merupakan tradisi masyarakat jawa yang dilestarikan oleh Desa Masingai dan sekitarnya.

Ketua Pelaksana Wiwitan, Tugiran mengungkapkan, tradisi Wiwitan memiliki substansi bentuk keseimbangan antara manusia dan alam. Dimana Tuhan menganugerahkan alam kepada manusia dan manusia memiliki tugas untuk mengelola alam dengan sebaiknya.

“Sebagai wujud syukur itu, manusia mengembalikan sebagian dalam bentuk tasyakuran. Ya wiwitan itu lah salah satu wujud bersyukur,” imbuhnya

Wakil Bupati Tabalong Mawardi juga turut hadir pula di tengah-tengah mereka. Dengan berpenampilan sama mengenakan baju khas suku Jawa dan menjadi tamu kehormatan pada acara tersebut.

“Acara ini menunjukkan kebersatuan, tujuan yang baik itu pun diharapkan bisa diteruskan ke generasi selanjutnya,” ucap Mawardi.

Sementara itu Kepala Distan Kabupaten Tabalong Johan Noor Efendi menilai acara ini merupakan rasa syukur dan evaluasi tahapan pertanian yang sudah dilakukan pihaknya selama ini, sekaligus mendukung kelestarian budaya lokal.

“Ini juga sebagai bahan instropeksi diri apakah ada kekurangan atau tidak hasil pertanian tahun ini,” ucap Johan.(kmf/mh-sb) 

Check Also

Walikota Banjarmasin Kunjungi Lokasi TMMD ke-105 Kodim 1007/Bjm

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina melakukan kunjungan kerja ke lokasi TMMD ke …