Disnaker Tabalong Bekali Siswa Soft Skill di BLK 

TABALONG, SuaraBorneo.com – Salah satu isu ketenagakerjaan yang saat ini masih menjadi permasalahan di Tabalong adalah minimnya edukasi cara mempromosikan diri sendiri kepada perusahaan atau instansi yang tengah mencari pekerja.

Isu ini menjadi sala satu topik yang didiskusikan antara pemerintah daerah kabupaten Tabalong dengan perusahaan serta pengusaha yang ada di Tabalong dalam forum ketenagakerjaan di Wisma Tamup, Pendopo Bersinar, Rabu (24/04/2019 ).

Syaiful Ikhwan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong mengakui memang saat ini kemampuan soft skill para pencari kerja di Tabalong memang masih minim, padahal keterampilannya dalam bekerja sudah memenuhi standart.

“Tenaga kerja kita salah satu kekurangannya ya di soft sklill, soft skill ini seperti kemampuan menyiapkan diri, kemudian wawasan tentang apa yang akan dilakukan ketika memasuki dunia kerja,” jelasnya.

Maka dari itu, untuk menjawab isu tersebut melalui forum ini disampaikan bahwa Dinas Tenaga Kerja akan menggandeng sejumlah unit HR Perusahaan yang ada di Tabalong untuk memberikan pelatihan kepada para pencari kerja atau peserta didik ada di Balai Latihan Kerja Tabalong.

“kita di dinas tenaga kerja khusunya BLK mulai tahun ini merekrut dan mengajak mereka yang berada di HRD untuk bisa ikut serta membekali siswa-siswa blk untuk kemampuan soft skill ini,” tambahnya.

Ketika dikonfirmasi hal tersebut, Human Resource Departemen Head, Syakhka Abiaji membenarkan hal tersebut, pihaknya bersedia untuk memberikan pengetahuan serta tips dan trik cara membuat curicullum vitae serta menghadapi wawancara pada saat melamar pekerjaan.

“kami dari sisi ke HRDan itu akan membantu menyiapkan mereka menghadapi dunia kerja, karena kami melihat kadang-kadang bagaimana sih mempersipakan diri ketika harus mengahadapi dunia profesional,” katanya.

Ia mengakui kemapuan seorang pekerja dalam mempromosiakan dirinya ketika mengajukan lamaran pekerjaan sangat berperan penting dalam menentukan apakah pekerja tersebut bisa diterima atau tidak.

Sebagai informasi, saat ini jumlah pekerja yang terdaftar di Tabalong berjumlah 513 pekerja. Sementara untuk jumlah lowongan yang terdafatar di Disnaker Tabalong berjumlah 244 lowongan kerja. (kmf/mh-sb) 

Check Also

DPUPRPKP Kapuas Gelar Sosialisasi Program BSPS

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dinas Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi …