Mulawarman Peduli, Babinsa Koramil 1003-01/TL Dampingi Petani Bantu Cek Saluran Irigasi


Ket. Gambar : Serda Made Agus S Ketika Mendampingi Petani Membantu Cek Saluran Irigasi Bersama Masyarakat desa Mandala Kecamatan Telaga Langsat

TELAGA LANGSAT, SuaraBorneo.com – Serda Made Agus.S, Babinsa Koramil 1003-01/Telaga Langsat Jajaran Kodim 1003/Kandangan mendampingi Petani membantu mengecek saluran irigasi bersama beberapa Masyarakat desa Mandala Kecamatan Telaga Langsat, Kamis (25 April 2019).

Pada umumnya sungai induk irigasi di desa Mandala Kecamatan Telaga Langsat relative selalu ada persediaan air, namun demikian dalam rangka mengantisipasi kemarau panjang tidak ada salahnya apabila langkah-langkah efektifitas mulai dilakukan dengan pembersihan saluran pengairan dilahan-lahan persawahan sehingga mampu memberikan suplai secara maksimal dan menjamin kebutuhan tanaman padi untuk dapat tumbuh normal tanpa kekurangan pengairan.

Bersama Kelompok tani Balaba desa Mandala Kecamatan Telaga Langsat mengecek saluran irigasi yang rusak dan kendala apa yang dihadapi, sehingga Babinsa dapat membantu dalam pencegahan kerusakan pada saluran irigasi.

Pada kesempatan tersebut Komandan Koramil 01/Telaga Langsat, Kapten Cpm M Sholeh saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa hal tersebut sesuai usulan dari kelompok tani untuk meningkatkan suplai air di sawah ada kendala saluran pengairannya yang kurang lancar, sehingga pembagian airnya tidak sampai merata pada areal persawahan yang ditargetkan.

”Untuk itu saya perintahkan kepada Babinsa dan dibantu beberapa anggota lainnya bersama PPL dan Kelompok Tani setempat melaksanakan kerja bakti.

Karena cakupannya hanya pembersihan dan saya lihat tidak terlalu panjang dan ringan sehingga tidak memerlukan banyak personel,” ucapnya.

Ia menambahkan, berkaitan dengan hal tersebut menyampaikan, bahwa Kelompok Tani dan Babinsa di desa Mandala ini sudah menyatu, sehingga saat ada kendala-kendala dilapangan mereka sudah saling membicarakan dengan Babinsa maupun PPL untuk segera dicarikan jalan keluarnya.

Pada Waktu terpisah Pasiter Kodim 1003/Kandangan menerangkan Hal-hal seperti ini memang sangat diharapkan kerjasama yang baik, koordinasi yang baik semata-mata untuk meningkatkan produktifitas pertanian, dalam rangka menunjang program Pendampingan Upsus Pajale dan swasembada pangan khususnya beras. petani, Babinsa dan PPL tersebut disamping sebagai upaya khusus dalam peningkatan produktifitas pertanian juga memiliki makna sebagai wujud kebersamaan antara TNI dan Rakyat,” pungkas Pasiter. (red/ad-sb)

Check Also

Walikota Banjarmasin Kunjungi Lokasi TMMD ke-105 Kodim 1007/Bjm

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina melakukan kunjungan kerja ke lokasi TMMD ke …