Bumi Sarabakawa Tuan Rumah Hari Bumi Tingkat Provinsi Kalsel 2019

TABALONG, SuaraBorneo.com – Tabalong menjadi tuan rumah untuk Peringatan Hari Bumi Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2019 berlangsung di Lapangan Parkir Bandara Warukin Tanjung, Jum’at (26/04/2019) dihadiri Kadis LH provinsi Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Tabalong, Ketua Pengadilan Agama Tabalong, Walikota Banjarbaru, Bupati Tapin, Bupati Batola, Bupati HSS, Pimpinan PT. Adaro Indonesia, Pimpinan Perbankan, Pimpinan Perusahaan, Pimpinan SKPD Kabupaten Tabalong dan Komunitas Gerakan Tabalong Hijau, Bersih dan Teduh.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Selatan diwakili staff ahli bidang kemasyarakatan, Ir. H. Faturahman, MP menyampaikan Hari bumi Pada Tahun ini bertemakan “Connect With Nature” yang artinya Berinteraksi Dengan Alam.

“Hari Bumi diadakan karena banyaknya pencemaran lingkungan oleh limbah pabrik yang tidak memperhatikan lingkungan sekitar,” terang Ir. H. Faturahman, MP dalam sambutannya

Staff Ahli Kemasyarakatan itu juga menghimbau untuk melakukan 7 kegiatan aksi nyata yaitu menggencarkan aksi menanam pohon, mengelola sampah di lingkungan sekitar, kurangi penggunaan kantong dan botol plastik, gunakan air ledeng seperlunya, matikan lampu saat tidak diperlukan, belanja dan memakai produk lokal dan terakhir membuat taman bermain buat anak.

“Tujuh kegiatan tersebut diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga dan melestarikan bumi banua Kalimantan Selatan yang kita cintai ini,” tambah Faturahman

Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani kepada wartawan mengatakan sebagai tuan rumah Pada Hari Bumi Tahun 2019 ini pemerintah Tabalong kedepannya mempunyai kegiatan  dalam rangka menindak lanjuti prinsip-prinsip dasar dari Peringatan Hari Bumi dan memberikan dukungan dalam upaya membangun sektor lingkungan hidup dalam wilayah Tabalong.

Pemerintah juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Tabalong  dalam memberikan dukungan terhadap upaya  membangun sektor lingkungan hidup di daerah tabalong karena tanpa adanya keterlibatan perusahaan upaya pemerintah tersebut tidak akan berhasi,” tandasnya

“Saya berharap kerjasama ini terus kita lanjutkan dan kita bertekad untuk menghijaukan Bumi Sarabakawa untuk mewujudkan gerakan Kabupaten Tabalong Hijau, Bersih, Teduh dan Nyaman,” ujar Anang.

Dalam kegiatan ini juga Bupati Tabalong menerima bantuan dana CSR dari PT. Adaro Indonesia, PT. Pamapersada Nusantara PT. SIS, PT. BUMA, PT. Pertamina EP Tanjung Field dan Bank BRI cabang Tanjung. (mh-sb)

Check Also

Cabuli Anak Dibawah Umur, Security di Tayan Hilir Diamankan Polisi

TAYAN HILIR, suaraborneo.com – Merasa tidak terima dengan adik kandungknya yang masih duduk dibangku kelas …