Tokoh Dayak se-Jabodetabek Gagas Pembentukan Persatuan Dayak

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Beberapa tokoh Dayak yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mengadakan pertemuan di Jakarta untuk membahas pendirian organisasi Persatuan Dayak.

Pertemuan di Hotel Borneo Sabtu (4/5/2019) dihadiri warga Dayak dari Kalteng, Kalbar, Kalsel dan Kaltim yang tinggal di Jabodetabek, juga kehadiran warga Dayak langsung dari Kalteng dan Kaltim yang kebetulan sedang berada di Jakarta.

Menurut Yuli Ester Seth Arum, penggagas pertemuan, perlunya pembentukan organisasi Dayak ini, sebagai ajang silaturahmi, sekaligus menampung dan menyalurkan aspirasi langsung warga Dayak ketingkat nasional.

“Dengan adanya organisasi Dayak di Jakarta, akan memudahkan kita menyampaikan aspirasi warga Dayak ke pusat,” 7katanya dalam pertemuan itu.

Organisasi yang akan kita bentuk, ujar wanita asli Dayak Kalteng ini, bukan jadi pesaing organisasi Dayak yang sudah ada. Tetapi saling mengisi satu dengan yang lainnya.

Salah satu tokoh muda Dayak dari Kalteng, Toseng A Asang yang menyempatkan hadir dalam pertemuan itu menyampaikan, organisasi ini perlu didirikan, yang nantinya diharapkan mampu mendorong tokoh-tokoh Dayak Kalimantan duduk di pemerintahan pusat.

“Kalau bisa dibentuk sekretariat bersama (Sekber) warga Dayak Borneo,”katanya.

Sedangkan, tokoh Dayak Kaltim Thomas Edison yang ada di Jakarta menegaskan, kalau dia merasa bertemu dengan sesama Dayak di perantauan serasa bertemu saudara sendiri.

Dia juga mengingatkan, kalau orang Dayak itu pintar-pintar, tetapi kurang cerdik. “Kalau orang Dayak ingin sukses di pemilihan kepala daerah, harus satu saja yang maju. Lainnya mendukung,”imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan, tokoh Dayak Kalteng yang ada di Jakarta Nusa Toendan.”Kita harus saling mendukung demi untuk kesuksesan yang kita perjuangkan,”katanya.

Mantan dirut salah satu perusahaan obat nyamuk terkenal ini sangat mendukung berdirinya organisasi Dayak Borneo ini. “Diharapkan nanti, mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat Dayak di Kalimantan,”terangnya.

Pertemuan itu sendiri berakhir dengan kesepakatan, tim perumus agar menyiapkan draf dan bahan-bahan pendirian organisasi.

Sebagai tindak lanjut akan dibahas lagi pada rapat yang akan diadakan dalam waktu dekat. (ery/ujang-SB)

Check Also

MTQ, Ajang Perkuat Ukhuwah Islamiyah dan Merawat Persatuan

SANGGAU, SuaraBorneo – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, Drs.H. M.Taufik mengajak seluruh peserta Musabaqah …

error: Off