Bupati Ismu Tanda Tangani MoU Kepengurusan Admintrasi Akta Pernikahan

Pelayanan maksimal penda terkait kepengurusan persyaratan administrasi penerbitan akta pernikahan ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Bupati Ismunandar. (Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Masih banyaknya masyarakat yang belum terdata dalam pencatatan sipil dan kependudukan oleh Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur berdasarkan hasil monitoring lapangan, menyebabkan masyarakat yang hendak menjalani proses administarasi seperti melangsungkan pernikahan harus terkendala dalam melengkapi persyaratan administrasinya.

Terhambatnya masyarakat dalam proses kepengurusan administrasi, menyebabkan tidak dapat diterbitkan akta nikah/buku nikah, dikarenakan belum terdata dalam administrasi kependudukannya di Disdukcapil.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut serta untuk membantu masyarakat dalam memberikan pelayanan administrasi dengan mudah, maka hari ini (Senin 6/5/2019) diruang kerja Bupati Kutai Timur dilangsungkan penandatanganan kesepahaman yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU).

Yang mana penandatangan MoU dilakukan langsung oleh Bupati Kutim H Ir Ismunandar MT antara Pemkab Kutim, Disdukcapil Kutim dengan melibatkan peran aktif para perwakilan unsur kepengurusan lintas sektoral agama baik dari pihak gereja Kristen Khatolik, Protestan.

“Kesepahaman yang saya tanda tangani bertujuan dalam membantu pasangan kedua insan manusia yang saling menjalin bahtera kasih sayang dalam bingkai sehidup semati dan ingin melangsungkan pernikahan.

Tentunya setiap pasangan yang melangsungkan pernikahan harus didukung secara sah baik oleh negara dan agama dibuktikan melalui kepemilikan akta perkawinan terutama dalam memperkuat hak dan kewajiban baik dalam menjalankan tanggung jawab suami dan istri,” tutup Bupati Ismunandar. (db/ra-sb)

Check Also

Danrem 091/ASN Pimpin Sertijab 14 Pejabat TNI Kaltim dan Kaltara

Suaraborneo.com, SAMARINDA – Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen Widi Prasetijono memimpin langsung acara serah …