Isi Ceramah Dalam Shalat Tarawih, Serda Lasman Berikan Tausiah Tentang Wawasan Kebangsaan.

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Tak hanya berperang, namun TNI juga memiliki tugas pokok selain perang. Salah satunya dalam bidang keagamaan -dalam hal ini mingkatkan keimanan dan ketaqwaan-  TNI memiliki tugas dan tanggung jawab moril terhadap ruang lingkup sekitarnya untuk menjunjung tinggi iman dan taqwa, sebagai implementasi Pancasila. Yaitu sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.

Untuk itu jajaran Kodim 0909 Sangatta juga dimasing – masing Markas Koramil (Makoramil) dibawah jajarannya, ditengah Bulan Suci Ramadhan ini menjadwalkan berbagai agenda bernuansa Islami.

Seperti pada Sabtu (11/05) 2019, perwakilan Koramil 0909 – 06 wilayah teritorial Bengalon, Serda Lasman Fajar ditengah umat muslim yang melaksanakan puasa sekaligus berlanjut pada pelaksanaan shalat tarawih berkesempatan memberikan ceramah berupa tausiah kepada jemaah salah satu Masjid di desa Kaliorang.

Serda Lasman tidak hanya berprofesi sebagai prajurit TNI aktif, akan tetapi memiliki bakat yang mulia demi kebaikan umat dalam memberikan pencerahan hati nurani. Pada ceramahnya kali ini mengangkat tema pentingnya hidup bertoleransi sesama umat beragama. “Sebagai negara kedaulatan NKRI berideologi paham Pancasila yang mengatur akan makna negara yang berketuhanan Maha Esa, mengatur akan bagaimana sendi-sendi dalam berkehidupan berbangsa, berenegara dan beragama,” terangnya dihadapan para jemaah.

Ia menegaskan yang mana intisari dalam kultum-nya tersebut adalah tentang wawasan kebangsaan, diharapkan dapat membangun rasa toleransi, saling menghargai, menghormati baik antar sesama maupun antar insan umat beragama, agar dapat membentuk kondusifitas dalam kedaulatan NKRI.

“Apalagi pada bulan suci ramadhan sikap saling menghormati kepada sesama akan membawa suasana yang tentram. Terlebih ketika kita menghargai orang yang sedang menjalankan ibadah puasa, tentunya akan membawa kita kedalam suasana nyaman dan aman. Intinya kita jangan mudah terprovokasi dengan gangguan dari oknum yang mengkehendaki semua bercerai berai,” jelas Serda Lasman.

Dalam keseharian di kesatuan Makoramil, pria satu ini dikenal sebagai Bintara Pembinan Desa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Babinsa. Serda Lasman yang kerap bersentuhan langsung dengan kehidupan sosial kemasyarakatan ini, menganjurkan segenap umat muslim dalam menjalankan puasa dapat benar – benar fokus melaksanakan semua perintah dan larangan sang pencipta. “ Alangkah baiknya bulan puasa banyak mendekatkan diri kepada yang Kuasa serta meningkatkan ibadah,” tutupnya dipenghujung ceramah. (ra-sb)

Check Also

Danrem 091/ASN Pimpin Sertijab 14 Pejabat TNI Kaltim dan Kaltara

Suaraborneo.com, SAMARINDA – Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen Widi Prasetijono memimpin langsung acara serah …