Rawan Tumbang, Pohon Sengon Taman Hutan Kota Kapuas Perlu Tanaman Pengganti

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pohon Sengon merupakan pohon peneduh dan penghasil kayu. Tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Cina dan Indonesia.

Adalah Pohon Sengon di Hutan Taman Kota Kuala Kapuas yang merupakan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Usia pertumbuhannya diperkirakan mencapai antara 15 – 16 tahun. Pohon berukuran besar ini nampak rimbun dan lebat menjulang tinggi serta dahan yang menjuntai ke jalan.

Namun, jika terjadi terpaan angin kencang Pohon Sengon rawan tumbang ke jalan dan membahayakan bagi pengendara ketika melintas di jalan protokol Tambun Bungai.

Menurut Kabid Pertamanan Dan Kebersihan DPUPRPKP Kapuas, Ahmad Isnaini kepada wartawan Senin (20/5/2019) pihaknya, sejauh ini berupaya melakukan pemangkasan, tetapi sesuai arahan Bapak Bupati tidak harus sampai dipangkas habis hanya dahannya saja.

“Karena terlalu tinggi petugas pertamanan tidak berani naik pohon tersebut. Kendati dipangkas harus ada peralatan yang lengkap,”jelasnya.

Sedangkan, sebagai peremajaan pihaknya menanam pohon baru di sela-sela Pohon Sengon itu.

“Pilihannya Pohon Sengon harus dipangkas habis dan menggantinya dengan menanam jenis pohon peneduh lain salah satunya Pohon Trambesi,” katanya. (ujang/ery-SB)

Check Also

TP PKK dan Bhayangkari Kapuas Gelar Pasar Murah

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan …