Kepemimpinan Muhammadiyah Kalteng Kosong, Tunggu Ketua Baru

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Pucuk kepemimpinan Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah hingga sekarang masih lowong.

Soalnya, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah belum menentukan ketua PWM Kalteng baru dari sejumlah nama yang diajukan mantan ketua terdahulu Drs HM Yamin Muchtar Lc.

Diketahui, Drs HM Yamin Muchtar yang menjabat Ketua PWM Kalteng periode 2015-2020 tidak melanjutkan kepemimpinannya lantaran mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan Perwakilan daerah (DPD) pada Pemilu 2019 tadi.

Berdasar aturan internal organisasi Muhammadiyah, pengurus di lingkup pusat hingga daerah yang masuk dalam kontestasi Pemilu, secara otomatis harus mundur dari jabatannya di organisasi.

Meski begitu, status keanggotaannya dalam organisasi tetap tak berubah.
Pemberhentian Yamin sebagai Ketua PWM Kalteng tersebut disampaikan PP Muhammadiyah melalui surat keputusan Nomor 129/I.0/B/2019, tertanggal 06 Syaban 1440 H (11 April 2019) yang ditandatangani langsung Ketua Drs HA Dahlan Rais dan Sekretaris Dr H Agung Danarto.

Terkait surat tersebut, PP Muhammadiyah juga mengamanatkan ketua nonaktif untuk mengajukan tiga nama calon penggantinya untuk meneruskan masa jabatan tersisa.

Sejauh ini, ketiga nama yang kemudian diajukan ke PP Muhammadiyah, antara lain, Abu Bakar, Mazrur, dan KH Ahmad Syarii. Namun, dalam perkembangannya, hingga kini PP Muhammadiyah belum juga menentukan satu dari ketiga nama yang diajukan tersebut.

Wakil Ketua PWM Kalteng Mazrur, kepada wartawan di Palangka Raya, baru-baru ini, membenarkan pihaknya telah mengajukan nama-nama calon penerus masa jabatan Yamin Mukhtar tersebut ke PP Muhammadiyah.

Dikemukakan, Mazrur, sebagai tindak lanjut surat pengajuan tersebut, dalam waktu dekat ini PP Muhammadiyah akan menggelar rapat.

“Kami sudah mengajukan nama-nama calon ketua, dan tinggal menunggu penunjukan dari pengurus pusat,”terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, pasca berhentinya Ketua PWM Kalteng, tugas-tugas yang bersangkutan dilaksanakan para ketua bidang.

“Diharapkan dalam hal ini pengurus pusat segera menunjuk dan menetapkan ketua baru, sehingga roda organisasi dapat berjalan baik sampai akhir masa bakti kepengurusan,”ujarnya.
(ujang/ery-SB)

Check Also

Kabut Asap Makin Tebal, Perlintasan di PLBN Entikong Meningkat

ENTIKONG, suaraborneo.com – Mengingat kualitas udara di wilayah perbatasan RI-Malaysia Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau semakin …