Kapuas Gelar Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah dan menandai malam ke – 21 (salikur), Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kapuas menyelenggarakan Pawai Tanglong dan Musik Begarakan Sahur, Sabtu (25/5/2019) malam lalu.

Kegiatan pawai tersebut dilepas secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi isteri Ny Ary Egahni, SH beserta unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Tokoh Agama di depan Rumah Jabatan Bupati Kapuas Kota Kuala Kapuas.

Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas menerima secara langsung piala bergilir yang diserahkan oleh juara tahun 2017 yaitu Langgar Al-Inayah, yang kemudian diserahkan kembali oleh Bupati Kapuas Kepada PHBI Kabupaten Kapuas sebagai pihak pelaksana untuk nantinya diberikan kepada salah satu dari 16 kelompok yang mengikuti pawai pada tahun ini.

Ben Brahim dalam sambutannya menyampaikan, ucapan rasa syukur karena dapat menyelenggarakan lagi Pawai Tanglong dan Musik Begarakan Sahur yang sempat tidak terlaksana pada tahun 2018 dan Ia berharap agar pawai akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Saya bangga karena Pawai Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur ini tidak semua Kabupaten menyelenggarakannya. Saya harapkan pawai ini harus terus terlaksana setiap tahun dan kami Pemerintah Daerah selalu mendukung kegiatan keagamaan salah satunya pawai tanglong ini,” ucapnya.

Kemudian orang nomor satu di Kabupaten Kapuas tersebut berpesan, kepada seluruh warga di Kabupaten Kapuas untuk selalu memelihara kerukunan, kedamaian, ketentraman dan persatuan karena kita semua bersaudara.

“Kita baru saja menyelesaikan Pemilu serentak dan semua berjalan dengan baik, saya harapkan di Kabupaten Kapuas tidak ada gontok-gontokan dan sikut menyikut dikarenakan berbeda pilihan,” ungkap Ben.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor yang juga Ketua Umum PHBI Kabupaten Kapuas dalam laporannya yang dibacakan oleh Ketua Harian PHBI Kabupaten Kapuas, Tommy Saputra menyampaikan kegiatan Pawai Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan yang mana telah terprogram dalam program kerja masa kepengurusan PHBI Kabupaten Kapuas periode 2019-2023. Ia menerangkan untuk pemenang Pawai Tanglong nantinya akan diumumkan dan hadiah diserahkan saat acara pawai Gema Takbir Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Dalam kegiatan pembukaan pawai tersebut, diawali dengan penampilan pemenang juara satu tari pesisir pada Festival Budaya Isen Mulang 2014 lalu yaitu Tari Maniti Gumilang (menuju kejayaan) dari sanggar Tingang Menteng Pahunjung Tarung. (hmskmf/ujang/ery-SB)

Check Also

Kalteng Jadi Ibukota, Wartawan Lokal Wajib Tingkatkan Kemampuan

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Ketua Umum PWI Pusat, H Atal Sembiring Depari menyatakan, Provinsi Kalimantan …