Wabup Pimpin Peringatan HariI Lahir Pancasila

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor jadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila bertempat di halaman Kantor Bupati Kapuas yang di ikuti oleh unsur Forkominda Kabupaten kapuas, pejabat eselon II,III, IV serta ASN dan pegawai kontrak di ruang Lingkup Pemerintah Kabuapten Kapuas, Sabtu (01/06/2019).

Dalam sambutanya Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kapuas mengatakan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa, buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nila-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesian baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila,” terangnya.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosialogis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkat pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang menjadi suatu berkah. Berkat pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalm wadah dan slogan ”Bhinneka Tunggal Ika”. (hmskmf/ujang/ery-SB)

Check Also

Satu Buah Rumdin Komplek Eks RS Lama Dilalap Api

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Warga Kapuas dibuat geger menyusul terjadinya kebakaran sekitar pukul 13.50 Wib …