UKW, Menuju Wartawan Kompeten dan Profesional

Oleh : Ahmad Suhaili/Eryantho Kamis
Jurnalis suarabornoe.com

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) adalah tingkatan tertinggi atas keluarnya peraturan Dewan Pers
Nomor : 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan.

Tujuannya, untuk memantapkan profesionalitas, wawasan, dan etika wartawan. Standar ini diperlukan untuk melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat.

UKW juga menghilangkan stigma wartawan abal-abal yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat, bahkan mengancam eksistensi orang-orang yang bergelut di dunia jurnalistik.

Sama seperti profesi lainnya, guru, dokter, termasuk saat ini pejabat di pemerintahan seluruhnya harus mengikuti sertifikasi.

Karena itu, profesi jurnalistik dituntut mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), meskipun nampaknya UKW menjadi momok baru di kalangan wartawan.

UKW merupakan turunan dari Standar Kompetensi Wartawan (SKW) yang ditandatangani oleh organisasi profesi wartawan nasional Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pada Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2010 melalui Piagam Palembang.

Lebih dari itu, UKW adalah bagian dari upaya sistematis dan terukur untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas, dan menjaga kehormatan profesi wartawan dan meningkatkan kapasitas perusahaan pers sesuai kode etik jurnalistik dan Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari pada Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara tanggal 28 April 2019 menekankan, agar seluruh wartawan di Kalimantan Tengah memenuhi tuntutan sertifikasi kompetensi.

“Kedepan hanya wartawan yang kompetenlah aktivitas peliputan serta karya jurnalistiknya diterima publik,”katanya.*******

Check Also

Satu Buah Rumdin Komplek Eks RS Lama Dilalap Api

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Warga Kapuas dibuat geger menyusul terjadinya kebakaran sekitar pukul 13.50 Wib …