Netizen Contoh Insan Pers Sajikan Informasi Minimalisir Berita Hoaks

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Netizen dapat mencontoh insan pers dalam penyajian berita. Upaya ini salah satu cara yang dinilai efektif dalam meminimalisir penyebaran berita palsu atau hoaks.

Hal ini disampaikan, Sekda Provinsi Kalteng Fakhrizal Fitri pada Seminar Mengelola Informasi Sosial Media di Luwansa Hotel Palangka Raya, Sabtu (22/6/2019).

“Saat ini, semua bisa menjalankan aktivitas pers. Tidak hanya wartawan, publik juga bisa dengan mudah menyebarkan informasi, melalui media sosial,”katanya.

Hanya saja, imbuhnya, keikutsertaan publik yang kemudian diistilahkan netizen dalam menyebarkan informasi memberikan keuntungan dan kerugian.

“Satu sisi kita diuntungkan karena mendapatkan informasi yang cepat. Tetapi akurasi informasi yang disampaikan melalui medsos tersebut tak jarang menimbulkan persoalan,”tandasnya.

Karena itulah, lanjutnya, insan pers, media massa, dan organisasi wartawan mampu mengambil peran mengedukasi netizen terkait cara penyebaran informasi.

“Tentunya tidak melanggar aturan perundang-undangan ini. Pers dalam menjalankan tugasnya berpedoman pada kode etik dan peraturan hukum,”ucapnya.

Kegiatan ini sendiri digelar (PWI) Kalteng dalam rangka meningkatkan profesionalitas insan pers, sekaligus memberikan pemahaman kepada publik terkait penyajian dan penyebaran informasi.

Ketua PWI Kalteng, H Sutransyah mengatakan,
kegiatan ini merupakan program tersisa PWI Kalteng masa bakti 2014-2019 melalui bidang pendidikan.

Adapun, peserta terangnya, berjumlah sekitar 120 orang, terdiri dari insan pers dari berbagai media massa di Kalteng, perwakilan PWI Kabupaten, personal kehumasan badan dan dinas di lingkup Pemda Kehumasan Polda dan Korem 102/Pjg, BEM Unpar dan UMP.

Pemateri kegiatan, Wakil Sekretaris Jenderal PWI Pusat Suprapto, dan Kepala Seksi Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalteng Arbandi. (ujang/ery-SB)

Check Also

Walikota Berbincang Santai Bersama Cinta Laura, Nikmati Sensasi Rumah Hantu

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Aktris Cinta Laura dan aktor Herjunot Ali, Sabtu (19/10) malam, hadir di …