Polres HST Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-73

BARABAI, SuaraBorneo РPolres Hulu Sungai Tengah (HST) telah dilaksanakan Bakti Kesehatan Donor Darah Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke Р73 Tahun 2019 dengan Tema “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa Dan Negara, Selasa (25/6/2019) bertempat di Aula Bhayangkara Polres HST.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, SIK, MH, didampingi Ketua Bhayangkari Cab. HST Ny. Lina Sabana, Waka Polres HST Kompol Sarjaini, Para Kabag, Para Kasat, Kapolsek Jajaran Polres HST, Anggota Kodim 1002/Barabai, Anggota Batalyon 621/Manuntung, Anggota Polres HST , ASN Polres HST, Bhayangkari Cab. HST dan Masyarakat Kab. HST.

Petugas donor darah terdiri dari Paurkes Polres HST Bripka Hariyanto dan baurkes serta 7 orang petugas dari Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai.

Kegiatan Proses donor darah dimulai dengan mengisi formulir seputar identitas diri, lalu dilanjutkan dengan wawancara seputar riwayat kesehatan dan penyakit bagi calon pendonor yang dilakukan oleh petugas kesehatan. Selanjutnya pemeriksaan dan pengukuran tekanan darah, kadar hemoglobin, suhu tubuh, dan nadi calon pendonor.

Setelah itu baru donor darah dilakukan dalam posisi duduk atau berbaring, dan dilakukan oleh petugas kesehatan. Sebuah jarum steril akan dimasukkan ke kulit di bagian siku dalam selama 8-10 menit sementara satu liter darah dan beberapa tabung sampel darah dikumpulkan.

Selanjutnya, petugas akan menutup area bekas suntikan dengan perban.
Pendonor akan diberikan waktu untuk memulihkan diri dengan menikmati makanan dan minuman yang disediakan untuk mengisi kembali tenaga setelah kehilangan banyak volume cairan.

Dikesempatan itu Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, SIK, MH mengatakan, “Kegiatan Bakti Kesehatan Donor Darah ini selain untuk memperingati Hari Bhayangkara Ke 73 Tahun 2019 juga sebagai bentuk kerja nyata polres HST untuk membantu ketersediaan Stok Darah di RSUD H Dhamanhuri Barabai dan sangat bagus untuk kesehatan bagi pendonor dan semoga mendapat keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ucapnya. (ari-hss)

Check Also

Satu Buah Rumdin Komplek Eks RS Lama Dilalap Api

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Warga Kapuas dibuat geger menyusul terjadinya kebakaran sekitar pukul 13.50 Wib …