Komsos Kodim 1003/Kdg Bersama Appem, Wakil Bupati Apresiasi Peran TNI di Bumi Antaludin

KANDANGAN, SuaraBorneo.com-Kegiatan komunikasi sosial atau Komsos Kodim 1003/Kandangan bersama Aparat Pemerintah (Appem) Kabupaten Hulu Sungai Selatan dihadiri lansung oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad S.AP, bersama sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) setempat.

Komunikasi sosial bersama aparat pemerintah ini merupakan agenda program kerja triwulan II tahun anggaran 2019 bidang teritorial Kodim 1003/Kandangan, dilaksanakan Rabu (26/06/19) bertempat di Aula Manunggal Makodim, Jl.Achmad Yani Km I Kecamatan Kandangan Kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Tema yang diangkat yaitu, “Melalui Komsos dengan Aparatur Pemerintah, Kita Tingkatkan Senergitas dan Kerjasama Guna Menyiapkan Wilayah Pertahanan dan Kekuatan Pendukungnya untuk Tercapainya Tugas Pokok TNI – AD.”

Dalam sambutannya Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan mengajak kita semua untuk memanjatkan syukur alhamdulillah kehadapan Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya kegiatan yang digagas oleh Kodim 1003/Kandangan yang dikemas dalam bentuk kegiatan komunikasi sosial bersama aparat pemerintah.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan sangat mengapresiasi dan menyambut baik prakarsa yang dilaksanakan Kodim 1003/Kandangan dengan melakukaan komunikasi sosial dengan Aparat Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan hal ini merupakan langkah yang baik di dalam mencapai kesepahaman dan persepsi serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi, utamanya terkait masalah keamanan dan ketertiban untuk mendukung pembangunan yang kita laksanakan di Bumi Antaludin”, ungkap Wakil Bupati.

Pada kesempatan yang baik itu juga, orang nomor dua di Kabupaten Hulu Sungai Selatan tersebut menyampaikan Kodim 1003/Kandangan Sangatlah Aktif
untuk melaksanakan kegiatan yg positif, kami menyambut dengan baik dengan adanya Komsos ini sehingga dapat saling silaturahmi, kerjasama dan senergi, Masalah Narkoba Agar ditindak tegas biar itu pemakai ataupun pengedar, mari kita bersama sama membrantas narkoba Oleh karena itu kita sangatlah perlu komsos dan sinergi

Di samping itu, Wakil Bupati juga mengapresiasi partisipasi masyarakat merupakan bukti komunikasi dan koordinasi di jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Hulu Sungai Selatan dengan masyarakat sudah berjalan cukup baik.

Diungkapkannya, peran serta TNI dalam membangun di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sangat luar biasa, di samping dalam menciptakan keamanan dan ketertiban bersama Polri, TNI juga membantu program pemerintah di bidang lainnya seperti bidang infrastruktur melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), penguatan mental masyarakat dalam bentuk sosialisasi tentang wawasan kebangsaan dan antisipasi radikalisme serta mendukung terwujudnya program ketahanan pangan pemerintah, melalui kegiatan pengawalan dan pendampingan seperti pendataan serta pengawalan pendistribusian pupuk bersubsidi yang disalurkan kepada petani di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Menurut Wakil Bupati komunikasi sosial merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi serta bertujuan sebagai forum silaturahim sehingga bisa memperkuat hubungan emosional antara TNI dengan seluruh elemen bangsa untuk memperkuat pertahanan nasional.

Oleh karena itu komunikasi sosial ini kiranya dapat dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan tidak hanya di tingkat kabupaten saja tetapi berlanjut hingga ke kecamatan dan tingkat desa sehingga terbangun pelaksanaan tugas yang terjalin baik untuk masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Sementara itu Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto SE mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Wakil Bupati, Ketua DPRD, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Hulu Sungai Selatan lainnya pada acara ini.

Bagi Dandim, kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebagai wahana simakrama atau silahturahmi, tentunya kita bisa bertukar informasi dan gagasan yang bisa digunakan untuk kepentingan bersama dalam mendukung pembanguan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan .

Komunikasi sosial ini sangatlah penting dilaksanakan, selain sebagai ajang silahturami dan membangun jiwa kebangsaan, juga untuk memupuk rasa cinta kepada bangsa dan negara”, ungkap Dandim.

Dandim sendiri pada kegiatan ini menyampaikan materi tentang Jati Diri TNI yaitu sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. Kemudian dijabarkan juga terkait Kedudukan TNI, Peran, Fungsi dan Tugas TNI sebagai alat negara di bidang pertahanan.

Di akhir penyampaiannya, Dandim mengajak seluruh aparat pemerintah agar terus meningkatkan kerjasama dan sinergitas dengan TNI, Polri dan instansi terkait serta seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk menangkal berkembangnya hal-hal yang dapat merugikan kita semua termasuk menangkal berbagai permasalahan sosial dan keamanan seperti penyalahgunaan Narkoba, radikalisme dan terorisme serta maraknya berita hoax yang ada di wilayah masing-masing.

Acara yang berjalan penuh kekeluargaan dan saling mengisi tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, S.E , Asisten ll Drs. H. Hubriansyah M.AP, Wakapolres HSS Kompol Arif Himawan S.H, Kepala OPD Kabupaten HSS, Para Camat Se Kabupaten HSS, Para Kapolsek, Para Danramil, Para Kepala Desa Se Kabupaten Hulu Sungai Selatan , Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dengan jumlah keseluruhan sekitar 100 orang.*Ari/Aji

Check Also

Satu Buah Rumdin Komplek Eks RS Lama Dilalap Api

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Warga Kapuas dibuat geger menyusul terjadinya kebakaran sekitar pukul 13.50 Wib …