Sejumlah Kepala Daerah dan Kobar Dukung Sugianto Sabran 2 Periode

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2020-2025 segera dimulai.

Salah satu nama kandidat yang banyak meraup dukungan untuk bersaing pada pesta demokrasi 5 tahunan itu adalah gubernur saat ini, H Sugianto Sabran.

Dukungan terbaru diterima Sugianto untuk maju ke Pemilukada tahun depan datang dari tokoh perempuan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah SH, MH.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Bupati Kobar ini secara terbuka menyampaikan dukungannya kepada Sugianto saat menerima audiensi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng H Sutransyah didampingi Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan M Haris Sadikin, dan Koordinator Bidang Mass Media Ika Lelunu, di kediamannya, di Pangkalan Bun, Jum’at (28/6/2019) sore.

Kepada pengurus PWI, Nurhidayah menyatakan, dukungannya secara pribadi kepada figur Sugianto didasari sejumlah alasan.

‚ÄúDukungan kepada beliau (Sugianto) sangatlah wajar. Beliau pantas dan memenuhi persyaratan kembali memimpin Kalteng untuk melanjutkan program-program pembangunan,”kata Nurhidayah.

Kepercayaan masyarakat terhadap sosok Sugianto untuk kembali menduduki posisi gubernur akan sangat menguntungkan bagi percepatan pembangunan daerah-daerah di Kalteng.

“Sinergi dan koordinasi antara gubernur dan kepala daerah di 13 kabupaten/kota dalam membangun daerah saat ini berjalan baik. Jadi tinggal melanjutkan saja,” tandasnya9 usai menerima Buku Putih PWI Kalteng dari H Sutransyah.

Tak hanya Nurhidayah, dukungan kepada Sugianto untuk melanjutkan kepemimpinan di provinsi berjuluk Bumi Isen Mulang dan Bumi Pancasila ini juga disampaikan H Supian Hadi, sehari sebelumnya.

“Secara pribadi, Saya sangat mendukung Bapak Sugianto Sabran untuk kembali menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Tengah di periode kedua,”kata pria yang telah menduduki jabatan Bupati Kotim dua periode tersebut, saat memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus PWI Kabupaten, di Kota Sampit, Kamis (27/6).

Menurut, Supian Hadi, dukungannya kepada Sugianto ini didasari kinerja kepemimpinan yang bersangkutan di periode 2015-2020 yang masih berjalan ini.

“Kepemimpinan beliau sudah sangat baik, sehinggal layak memimpin di periode kedua untuk mewujudkan visi misi Kalteng yang semakin berkah,” terangnya.

Selain, mendapat dukungan dari para tokoh kepala daerah di Kalteng, wacana Sugianto untuk maju ke Pemilukada tahun depan juga datang dari sejumlah organisasi besar.

Di antaranya, dari Dewan Adat Dayak (DAD) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalteng. Kedua organisasi ini sepakat mendukung pencalonan Sugianto saat menggelar halal bihalal, di Palangka Raya, baru-baru ini.

Dinamika politik yang mengemuka saat ini, sejumlah nama lain juga muncul jelang kontestasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun depan.

Di pencalonan gubernur, nama yang mengemuka di antaranya, H Abdul Razak mantan Bupati Kobar yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kalteng dari Partai Golkar. Kemudian, Ujang Iskandar mantan Bupati Kobar dua periode, HM Riban Satia, mantan Wali Kota Palangka Raya dua periode dan Willy M Yoseph yang merupakan mantan Bupati Murung Raya juga dua periode.

Selanjutnya, muncul pula nama HM Nadalsyah yang saat ini menjabat sebagai Bupati Barito Utara, Ir Ben Brahim S Bahat yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kapuas, dan terakhir Habib Ismail Bin Yahya yang merupakan Wakil Gubernur Kalteng saat ini.

Sementara, di level kandidat calon Wakil Gubenur, mengemuka nama H Supian Hadi yang merupakan pejabat Bupati Kotim saat ini. Kemudian, Edy Raya Syamsuri yang saat ini menjabat sebagai Bupati Barito Selatan, Ibnu S Pelu yang merupakan mantan Rektor IAIN Palangka Raya, Andrey L Narang yang merupakan Anggota DPR RI, dan H Fakhrizal Fitri yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng. (ujang/ery-SB)

Check Also

Satu Buah Rumdin Komplek Eks RS Lama Dilalap Api

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Warga Kapuas dibuat geger menyusul terjadinya kebakaran sekitar pukul 13.50 Wib …