BPRS, Pasien dan Rumah Sakit Harus Saling Penuhi Kewajiban

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pasien dan rumah sakit harus saling memenuhi kewajiban sehingga, dengan begitu antara keduanya terbangun hubungan yang baik.

Demikian, Ketua Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Bulkani usai pertemuan dengan pihak RSUD Dr Sumarmo Sosroatmodjo, Kapuas Kamis (4/7/2019).

Menurutnya, kewajiban tersebut katakanlah pasien BPJS, ketika tengah menjalani perawatan hingga sembuh harus memenuhi kewajiban membayar jasa pelayanan kesehatan rumah sakit.

Namun, begitu juga sebaliknya, rumah sakit juga memberikan pelayanan kesehatan terhadap semua pasien dengan baik.

Dikatakan, terkait keberadaan BPRS merupakan unit non struktural pada kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.

“BPRS melakukan pembinaan dan pengawasan rumah sakit secara eksternal bersifat non teknis yang melibatkan unsur masyarakat,”tandasnya.

Adapun, tugas dan wewenang BPRS, lanjutnya, diantaranya, membuat laporan pedoman tentang pengawasan terhadap rumah sakit serta informasi pengaduan masyarakat.

“Jadi BPRS seperti Ombudman. Pembentukan BPRS diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2013 tentang Badan Pengawas Rumah Sakit, kemudian diterjemahkan ke dalam Peraturan Menteri Kesehatan,”jelasnya.

Ketika ditanya, bagaimana pelayanan kesehatan yang diberikan RSUD Kapuas?

“Sejauh ini telah berjalan dengan baik,”sebut Bulkani yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah (UMP) Palangka Raya ini seraya mengharapkan, semuanya dapat bersinergi.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Kapuas, dr Agus Waluyo menyampaikan, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPRS Provinsi Kalteng melakukan kunjungan sekaligus sosialisasi di RSUD Kapuas.

“Pada prinsipnya itu tadi, seperti disampaikan pihak BPRS, antara pasien dan rumah sakit harus saling memenuhi kewajiban,”katanya.

Pertemuan, BPRS Provinsi Kalteng di Aula RSUD Kapuas selain, dirut serta pegawai rumah sakit juga dihadiri Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kapuas, Syahfiri. (ujang/ery-SB)

Check Also

Musholla Nurul Huda Kuin Kecil Siap Direhab

  BANJARMASIN, SuaraBorneo – Satu satunya tempat ibadah di lokasi TMMD ke 105 kampung Kuin …