Peringatan Hari Pattimura di Kalsel, Dihadiri Gubernur Maluku

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Ratusan warga Maluku yang ada di KalImantan Selatan (Kalsel) berkumpul di Gedung Mahligai Pamcasila Banjarmasin dalam rangka Peringatan Hari Patimura ke-202 dan Halal Bihalal 2019, Sabtu (6/7/2019) malam.

Menariknya acara ini langsung dihadiri oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail, dan Walikota Maluku serta beberapa Bupati yang ada di Propinsi Maluku, setelah pada siang hari nya mereka menghadiri Harganas ke 26 tahun 2019, sehingga dengan kehadiran orang nomor satu di acara ini cukup menjadi perhatian warga Maluku yang hadir pada malam itu.

Dia mengapresiasi pelaksanaan acara ini, “Saya bangga kalian ada di perantauan tapi tetap menjaga talisilaturahmi dan mari kita mengenang semangat dan kegigihan Pattimura dalam melakukan perjuangan,” katanya.

Melalui momentum Hari Pattimura, dia mengajak masyarakat Maluku yang ada di Kalsel untuk gelorakan kembali jiwa kepahlawanan Kapitan Pattimura untuk berjuang dan berani berkorban untuk membangun daerah ini.

Peringatan Hari Pattimura ke 202 dan halal bihalal ini dilaksanakan oleh Kerukunan Warga Maluku (KWM) Kalsel dihadiri aekitar 800 orang yang diisi dengan hiburan dan menyanyikan lagu-lagu Maluku

Sementara itu ketua pelaksana, Hari Pattimura ke 202 dan halal bihalal warga Maluku di Kalsel 2019, Yohanes Palapessy mengatakan, “Kegiatan ini juga untuk menunjukkan sebagai warga Maluku yang tinggal di Kalsel sangat semangat untuk memleringati Hari Patimura, terlebih Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang sangat mendukung kami untuk memperingati Pahlawan dari Maluku ini,” paparnya.

“Kami warga Maluku di Kalsel akan berpatisipasi untuk membangun Kalsel kedepan dan kita akan bersatu hati untuk mendukung program Pemerintah yang ada di Kalsel dan kami percaya masyarakat Kalsel akan menerima kami warga Maluku yang ada di Kalsel dengan hati yang terbuka, mari kita bekerjasama untuk membangun dan sukseskan Kalsel untuk kita semua, yang mana jumlah warga Maluku di Kalsel ini sebanyak ribuan yang menyebar di 13 Kabupaten Kota,” tambahnya.

Gubernur Kalsel yang diwakili Assisten Bidang Administrasi Umum,Heriansyah mengatakan, “Peringatan Hari Pattimura ke-202 hendaknya menjadi momentum bagi warga Malukku di Kalsel untuk memperkuat spirit kebersamaan.
Mari kita terus menjaga keeratan kerukunan antar suku bangsa di Kalsel, agar lebih baik kedepannya.Perbedaan saat Pemilu kemarin kita berbeda pilihan dengan adanyai acara ini mari kita bersatu kembali, agar Kalsel ini tetap terus kondusif,” imbuhnya. (ask/ad-sb)

Check Also

Kapuas Siap Gelar Pesparawi Kabupaten

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Kabupaten Kapuas siap menggelar Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Kabupaten, …