Agus Syabarrudin: Tanpa Eksekusi, Rencana Sehebat Apapun Akan Sia-Sia

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Apa yang anda bayangkan jika ada pohon mangga setinggi 3 meter yang ranum buahnya, berjuluntai lebat, dan warna kuning tanda sudah masak, tapi kemudian tidak ada yang berusaha memetiknya. Tidak ada yang mengambil galah. Apa yang terjadi? Bisakah buah itu dinikmati? Atau ada yang memilih menunggu jatuh karena busuk, atau menanti sisa buah jatuh karena sebagian dimakan kelelawar? Itulah gambaran jika kita lemah didalam Eksekusi, ungkap Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin di akun Instagramnya #agus.syabar, Senin (8/7/2019).

Sehebat apapun strategi, menjadi tidak bearti ketika tidak ada yang mengeksekusi. Se-keren apapun action plan yang dibuat menjadi “memble” jika dieksekusi dengan dosis yang rendah. Itulah mengapa Done menjadi salah satu value utama dari 7 value dalam speed & comply, lanjut Agus.

Pertama Done, disini bermakna senantiasa bekerja tuntas secara on time sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan. Jangan sampai target yang jelas, strategis yang lugas, menjadi Amburadul karena eksekusi tidak sesuai target waktu. Ibarat dalam pertandingan Liga Indonesia, apa gunanya dapat bantuan dari pemain hebat seperti Lionel Messi atau Ronaldo tetapi dimasukkan di injury time kurang 1 menit pertandingan selesai.

Kedua on budget, harus sesuai dengan budget yang sudah direncanakan, misalkan, mahasiswa yang kuliah di luar pulau, maka uang jatah kebutuhan hidup dan kuliahnya harus tepat, jangan sampai seminggu uang jatah sebulan sudah habis dikarenakan untuk belanja hal-hal yang tidak berguna.

Terakhir sambung Agus, eksekusi harus on specific, clear dan jelas arah, tujuan dan goalnya. Jangan sampai yang harusnya kekiri malah jalan kekanan. Semua action harus masuk dalam KPI (Key Performance Indicator). Sehingga target dan goal yang sudah ditentukan bisa direalisasikan dengan baik.

Penutup, diperusahaan atau di bisnis mana saja, pada akhirnya Eksekusi lah yang menjadi faktor pembeda. Tidak jarang rencana yang sederhana menghasilkan yang baik karena kuat dan disiplin dalam eksekusi. Dan banyak terjadi, rencana hebat menjadi debu yang ditiup angin ketika lelah dalam eksekusi. (*/ad-sb)

Check Also

Kapuas Siap Gelar Pesparawi Kabupaten

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Kabupaten Kapuas siap menggelar Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Kabupaten, …